Share

4 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan di Mind ID, Tertarik Mencobanya?

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Senin 05 Desember 2022 06:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 04 65 2720340 4-jurusan-kuliah-yang-dibutuhkan-di-mind-id-tertarik-mencobanya-5yH9IcYWL4.jpg MIND ID/MPI

JAKARTA - Mind ID atau Mining Industry Indonesia, merupakan salah satu BUMN Holding di bidang industri pertambangan.

Di dalamnya, terdapat 5 perusahaan BUMN yakni PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk.

Lantas, apa saja jurusan kuliah yang dibutuhkan Mind ID? Berikut informasi lengkapnya.

1. Teknik Elektro

Jurusan teknik elektro tentunya sangat dibutuhkan perusahaan di Mind ID. Salah satunya di anak perusahaan PT Antam, yaitu PT Indonesia Chemical Alumina atau ICA.

Melansir laman Okezone, perusahaan ini membutuhkan sarjana teknik elektro untuk posisi management trainee.

Selain itu, perusahaan juga pernah memberikan kesempatan magang bersertifikat kepada 12 PTN dan PTS di seluruh Indonesia pada 2019 lalu. Program ini berjalan selama 6 bulan.

Follow Berita Okezone di Google News

Para jebolan teknik elektro memang dibutuhkan di banyak lini industri, termasuk Mind ID. Biasanya, lulusannya akan diminta untuk membangun sistem distribusi tenaga listrik.

Apalagi, sumber daya manusia sangat dibutuhkan demi mengimbangi pertumbuhan infrastruktur telekomunikasi yang kian bertumbuh.

2. Psikologi

Selanjutnya, ada jurusan psikologi yang juga dibutuhkan di Mind ID. Perusahaan di Mind ID yang membutuhkan lulusan psikologi adalah PT Freeport Indonesia dan Antam.

Mahasiswa yang belajar di bidang psikologi akan belajar mengenai perilaku manusia, termasuk saat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Mahasiswa diarahkan untuk mengenali alur pikir seseorang, sehingga bisa mengetahui alasan di balik perilakunya.

Beberapa universitas dengan jurusan psikologi terbaik adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Diponegoro (Undip).

Di ranah perusahaan, terutama Mind ID, jurusan psikologi bisa ditempatkan di divisi sumber daya manusia atau HR.

3. Teknik Mesin

Teknik mesin dibutuhkan di perusahaan anggota Mind ID, seperti Antam. Melansir Okezone, teknik mesin menjadi salah satu jurusan teknik yang paling diminati di Indonesia.

Sebab, jurusan ini memiliki peluang karier yang sangat bervariasi, mulai dari teknisi atau operator pabrik, penelitian dan pengembangan, peneliti, hingga dosen.

Selama menimba ilmu, ada beberapa jenis mesin yang dipelajari mahasiswa, seperti mesin bubut, mesin frais, dan mesin sekrup.

Para alumni teknik mesin sudah pasti mempunyai keahlian meneliti, analisis, dan gambar teknik.

4. Teknik Kimia

Satu lagi jurusan yang dibutuhkan Mind ID adalah teknik kimia. Program ini sengaja dirancang untuk mempelajari teknologi perancangan pabrik, mampu berupa pabrik makanan, gas, logam, bioproses, dan lainnya.

Kemampuan analisis mahasiswa teknik kimia sudah tidak usah diragukan lagi.

Universitas-universitas di Indonesia yang menjadi gudang sarjana teknik kimia berkualitas adalah ITB (Institut Teknologi Bandung), UGM (Universitas Gadjah Mada), ITS (Institut Sepuluh Nopember), UI (Universitas Indonesia), dan Universitas Syiah Kuala.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini