Share

Ketahui Dampak Pemanasan Global Bagi Kehidupan

Fahmi Firdaus , Okezone · Sabtu 03 Desember 2022 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 65 2719943 ketahui-dampak-pemanasan-global-bagi-kehidupan-jyBSNpUApZ.jpg Foto: Reuters

JAKARTA – Banyak hal atau dampak yang disebabkan oleh pemanasan global jika berbagai penyebabnya masih terus menerus dilakukan.

 (Baca juga: Apa Saja Penyebab Terjadinya Pemanasan Global?)

Meningkatnya suhu di bumi juga dapat menyebabkan berbagai bencana dikarenakan cuaca yang ada menjadi lebih ekstrim dan tak menentu. Berikut beberapa dampak yang disebabkan oleh terjadinya pemanasan global bagi kehidupan dilansir beragam sumber, Sabtu (3/12/2022).

1. Es di Kutub mencair

Terjadinya pemanasan global dapat memberikan efek mencairnya es di kutub. Pada nyatanya, hal ini sudah terjadi atau bahkan akan terus terjadi akibat adanya peningkatan suhu Bumi. Sejumlah data menyebutkan jumlah es yang sudah mencair di kutub mencapai 28 triliun ton dalam 30 tahun terakhir.

2. Volume air laut meningkat

Meningkatnya volume air laut berkaitan dengan mencairnya es di kutub yang menyebabkan bertambahnya volume air dari yang seharusnya. Apabila hal ini terus berlanjut, maka wilayah kepulauan berada dalam bahaya atau bahkan pulau-pulau kecil akan tenggelam.

3. Terjadi krisis air bersih

Semakin tinggi suhu permukaan Bumi, maka air yang berada di permukaan tanah akan mengalami proses penguapan yang berakibat semakin sulitnya akses air bersih bagi masyarakat.

4. Kebakaran hutan

Terjadinya peningkatan suhu bumi akan memicu terjadinya kebakaran hutan. Seperti yang terjadi di California, Amerika Serikat pada tahun 2020 lalu, para ilmuwan menyebutkan peristiwa tersebut terjadi diakibatkan oleh pemanasan global.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Muncul berbagai jenis wabah penyakit

Wabah penyakit akan bermunculan akibat tingginya suhu, yang menyebabkan menurunnya imunitas tubuh. Hal ini membuat semua makhluk hidup bisa terpapar virus penyakit dengan mudah.

6. Terjadinya krisis pangan

Pemanasan global juga dapat mengakibatkan krisis pangan, dimana pasokan air bersih yang semakin menipis dapat berimbas pada biota laut yang mati karena tidak memiliki habitat dan sumber makanan, hingga berimbas pada terjadinya krisis pangan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini