Share

8 Kampus dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Rabu 30 November 2022 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 65 2717919 8-kampus-dengan-jurusan-hubungan-internasional-terbaik-di-indonesia-F5EZDwvPz5.jpg Ilustrasi (Foto: Freepik)

JAKARTA- 8 kampus dengan jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia memang menarik untuk dibahas. Di Indonesia sendiri ada beberapa Universitas memiliki jurusan HI terbaik. 

Pemilihan jurusan menjadi hal kewajiban untuk berkuliah dan menentukan masa depan serta prospek kerja

Bagaimana tidak, jurusan satu ini memiliki prospek kerja yang gemilang. Mulai dari staf kedutaan hingga menjadi duta besar.

Berikut 8 Kampus dengan jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia dirangkum dari berbagai sumber:

1. Universitas Gadjah Mada

Jurusan HI di Universitas Gadjah Mada telah mengantongi predikat A dari BAN-PT sejak 2014. Jurusan ini diketahui masuk dalam daftar favorit incaran para peserta SNMPTN, SBMPTN, hingga Jalur Mandiri.

Dengan daya tampung kurang lebih 80 mahasiswa saja, tercatat ada lebih dari 2.500 siswa yang berminat. Oleh sebab itu, passing grade HI UGM mencapai sebesar 55,95 persen.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Universitas Indonesia

Selanjutnya ada jurusan HI Universitas Indonesia yang juga mendapatkan predikat A dari BAN-PT sejak 2014. Persaingan di jurusan HI UI jauh lebih ketat dari UGM dengan daya tampung 60 kursi dan menyaring lebih dari 3.000 orang.

Daya tampung HI UI untuk jalur SNMPTN sebanyak 17 orang, untuk jalur SBMPTN sebanyak 22 orang. Sementara untuk jalur SIMAK sebanyak 16 orang.

3. Universitas Airlangga

Lebih dulu mendapat predikat A BAN-PT, jurusan HI Universitas Airlangga juga layak menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Jurusan yang berada di Universitas Airlangga kampus B ini memiliki daya tampung sebanyak 140 kursi dengan perincian, jalur SNMPTN 28 kursi, SBMPTN 42 kursi, dan Jalur Mandiri 70 kursi.

4. Universitas Padjadjaran

Sama halnya dengan di Unair, jurusan HI Universitas Padjadjaran (Unpad) lebih dulu mengantongi nilai akreditasi A dari BAN-PT sejak 2011. Jurusan ini juga termasuk sebagai salah satu jurusan favorit yang selalu ramai pendaftar tiap pelaksanaan SBMPTN dan Ujian Mandiri. Daya tampung kuota jurusan ini lebih besar, yakni jalur SNMPTN 2022 sebanyak 36 kursi dan SBMPTN sebanyak 48 kursi.

5. Universitas Jenderal Soedirman

Kampus yang ada di daerah Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah ini juga memiliki jurusan HI terbaik. Universitas Jenderal Soedirman diketahui berada pada peringkat ke-36 dari 577 perguruan tinggi yang ada di Indonesia dalam versi 4ICU.

6. Universitas Jember

Kampus yang ada di Kabupaten Jember ini masuk dalam daftar pemilik Jurusan HI terbaik di Indonesia. Unej diketahui menyediakan kuota cukup banyak untuk jurusan HI yakni 45 kursi untuk jalur SNMPTN dan 75 kursi untuk jalur SBMPTN 2022.

7. Universitas Riau

Jika kampus di atas ada di pulau Jawa, kini beralih di Provinsi Riau. Ya, Universitas Riau juga memiliki Jurusan HI yang masuk daftar unggulan.

Jurusan ini bahkan sudah mendapat nilai akreditasi A dari BAN-PT sejak 2013. Unri, pada SBMPTN 2022 memiliki daya tampung sebanyak 80 kursi.

8. Universitas Katolik Parahyangan

Tak hanya kampus negeri, jurusan HI di beberapa universitas swasta juga ada yang masuk daftar unggulan. Salah satunya Universitas Katolik Parahyangan yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Kampus satu ini, kerap kali mencatat prestasi terutama untuk jurusan HI.

Itulah 8 kampus dengan jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia yang tak banyak orang ketahui.

 (RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini