Share

10 Jurusan yang Sangat Dibutuhkan PT Pertamina dan Bisa Dapatkan Gaji Besar

Rizky Darmawan, MNC Portal · Rabu 30 November 2022 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 65 2717619 7-jurusan-yang-sangat-dibutuhkan-pt-pertamina-dan-bisa-dapatkan-gaji-besar-c6Cl96OSWJ.jpg PT Pertamina/Wikipedia

JAKARTA - Berikut ini adalah 10 jurusan yang sangat dibutuhkan oleh PT Pertamina, sebuah perusahaan bahan bakar terbesar di Indonesia yang kerap menjadi incaran para pekerja.

PT Pertamina kerap menjadi incaran para pencari kerja selain karena merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), namun juga menjanjikan gaji yang besar bagi para pegawainya.

Dalam perusahaan ini, jurusan kuliah yang paling banyak dibutuhkan adalah dari program studi teknik.

Apa saja jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di PT Pertamina? Simak selengkapnya di sini!

1. Manajemen Bisnis

Jurusan manajemen membuat lulusannya bisa memiliki kemampaun mengorganisasi dan mengelola baik sumber daya alam maupun manusia agar perusahaan berjalan sesuai dengan perencanaan.

Maka dari itu jurusan ini cocok untuk PT Pertamina. Dan kampus yang menyediakan jurusan ini bisa ditemukan di Universitas Gadjah Mada (UGM) hingga Universitas Padjadjaran (Unpad).

Follow Berita Okezone di Google News

2. Akuntansi

Meski terbilang cukup jarang, PT Pertamina juga memungkinkan untuk membuka lowongan bagi lulusan Akuntansi.

Karena sebagai sebuah perusahaan peran sosok akuntan pasti tak bisa dilepaskan terlebih bagi perusahaan besar sekelas Pertamina. Banyak sekali universitas yang membuka jurusan ini mulai dari yang ternama seperti Universitas Indonesia hingga yang kurang dikenal seperti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

3. Teknik Perminyakan

Sebagai badan usaha yang bergerak di bidang minyak dan gas alam, jurusan ini tentu akan sangat dibutuhkan di PT Pertamina.

Karena pada program studi ini banyak mempelajari tentang sumber daya alam yang berkaitan dengan gas dan minyak.

Bekal yang dimiliki oleh lulusan Jurusan Teknik Perminyakan adalah pengetahuan tentang pengeboran, distribusi dan ekonomi migas.

Universitas Pertamina, Universitas Trisakti dan Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan beberapa Universitas yang menyediakan jurusan ini.

4. Teknik Pertambangan

Mengingat PT Pertamina yang merupakan badan usaha yang bergerak di bidang pertambangan membuat jurusan kuliah ini memiliki tempat tersendiri.

Bermodalkan ilmu tentang proses penambangan membuat lulusan teknik pertambangan akan dipandang lebih.

Institut Teknik Bandung (ITB) dan Universitas Hasanuddin Makassar (Unhas) masih jadi yang terbaik dalam menyediakan program studi teknik pertambangan.

5. Teknik Sipil

Teknik Sipil merupakan jurusan yang mempelajari tentang cara merancang, membangun, dan merenovasi infrastruktur ini juga penting dalam industri pertambangan.

Karena itu jurusan ini termasuk yang dicari oleh PT Pertamina. Beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini di antaranya, Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Bina Nusantara.

6. Teknik Mesin

Siapa bilang lulusan teknik mesin hanya dapat kerja di bengkel atau industri otomotif saja. Para lulusan jurusan ini memiliki bekal yang bagus untuk melakukan perawatan dan memperbaiki kerusakan pada mesin.

Sehingga akan berguna di PT Pertamina ketika industri pertambangan ini akan dekat dan bergantung pada mesin dalam prosesnya.

Beberapa perguruan tinggi terbaik yang menyediakan prodi ini adalah, Institut Teknik Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknik Sepuluh Nopember (ITS).

7. Teknik Informatika

 

Di tengah meningkatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat jurusan teknik informatika dibutuhkan oleh setiap perusahaan.

Hal ini berkaitan dengan keahliannya yang menguasai bahasa pemrograman. Pada PT Pertamina sendiri terdapat posisi IT yang nantinya akan diisi oleh lulusan jurusan ini.

Perguruan Tinggi penyedia jurusan kuliah ini di antaranya Institut Teknik Bandung (ITB), Institut Teknik Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Padjadjaran (Unpad), hingga Universitas Diponegoro (Undip).

8. Teknik Elektro

Jurusan teknik yang satu ini juga sangat dibutuhkan untuk level jabatan yang cukup tinggi di PT Pertamina seperti misalnya Assistant Manager Engineering.

Tentu saja kandidat tak hanya dibutuhkan yang sesuai dengan background pendidikannya, namun juga memiliki pengalaman yang cukup mumpuni.

Jurusan Teknik Elektro cukup banyak ada di berbagai kampus yang terbaik di antaranya ada di UGM, ITB, ITS, Universitas Brawijaya dan Undip.

9. Teknik Perkapalan

Jurusan Teknik Perkapalan juga sangat dibutuhkan di PT Pertamina untuk jabatan yang cukup tinggi seperti Analyst I Investment Review.

Tentunya didukung dengan pengalaman kerja yang cukup banyak akan menjadi daya tarik sendiri untuk dilirik PT Pertamina.

Jurusan Teknik Perkapalan tak cukup banyak di Indonesia, namun yang terbaik di antaranya adalah UI, ITB, UGM, Unpad, dan ITS.

10. Teknik Kimia

Lulusan Teknik Kimia pun juga sangat dibutuhkan di PT Pertamina dan bisa menjabat jabatan seperti Specialist Drilling Research.

Namun kandidat juga harus setidaknya memiliki pengalam 5 tahun di bidang Pengeboran dan Konstruksi Sumur.

Beberapa kampus yang memiliki jurusan ini di Indonesia antara lain: ITB, UGM, UI, ITS, Undip.

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini