Share

3 Daftar Jurusan Kuliah yang Murah dan Menjanjikan

Tika Vidya Utami, Litbang Okezone · Senin 28 November 2022 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 65 2716456 3-daftar-jurusan-kuliah-yang-murah-dan-menjanjikan-0j1Y5UCWMS.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Terdapat beberapa jurusan kuliah di universitas yang mempunyai biaya murah. Tak hanya murah, namun lulusan jurusan ini juga menjanjikan di bidang kerja.

Jurusan dengan biaya murah ini mempunyai UKT (uang kuliah tunggal) mulai dari Rp100.000. Berikut daftarnya:

1. Antropologi Sosial

Antropologi merupakan ilmu yang mempelajari budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Salah satu universitas yang terdapat jurusan Antropologi adalah Universitas Indonesia (UI).

Untuk biaya pendidikan S1 reguler dibayar sesuai dengan kemampuan. Pembayaran tersebut dinamakan Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOPB).

BOPB dibayar dengan kisaran harga Rp100.000-Rp5.000.000. Lulusan Antropologi Sosial dapat menjadi bekerja di instansi pemerintahan, lembaga penelitian hingga perusahaan asing yang mempunyai wilayah kerja di Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Teknologi Hasil Perikanan

Jurusan Teknologi Hasil Perikanan ini salah satunya terdapat di Universitas Gajah Mada (UGM).

Lulusan jurusan Teknologi Hasil Perikanan diharapkan mampu menguasai serta mengembangkan teknologi setelah panen hasil perikanan.

Selain itu, dapat merencanakan industi pengolahan yang menghasilkan produk berwawasan lingkungan serta berdaya saing tinggi.

Prospek karier dari lulusan ini bisa bekerja di instansi pemerintah, perbankan, perusahaan swasta di bidang perikanan, hingga wirausaha.

Melansir Keputusan Rektor UGM terkait uang kuliah tunggal dan biaya pendidikan tahun akademik 2022/2023, biaya kuliah jurusan Teknologi Hasil Perikanan adalah Rp500.000-Rp10.500.000.

3. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 

Salah satu universitas yang mempunyai jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah Universitas Brawijaya.

Lulusan dari jurusan ini diharapkan dapat menguasai dasar ilmiah disiplin ilmu dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Selain itu juga diharapkan dapat pula mengembangkan, mengidentifikasi, hingga memahami kompetensi kependidikan.

Untuk biaya kuliah jalur SNMPTN berkisar Rp500.000-Rp4.680.000. Para lulusan jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat menjadi seorang guru, jurnalis, penulis hingga seorang public relations.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini