Share

Mengenal Hukum Rimba dan Apa Saja Akibatnya

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 29 November 2022 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 624 2717047 mengenal-hukum-rimba-dan-apa-saja-akibatnya-uXuMG8AI8c.jpg Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA- Mengenal hukum rimba dan apa saja akibatnya akan dibahas dalam artikel ini. Tentu saja banyak yang belum mengetahui betul makna istilah tersebut.Dalam kehidupan bermasyarakat kerap kali mendengar istilah hukum alam atau hukum rimba.

Istilah ini menggambarkan kondisi yang kuat akan menang. Sedangkan, yang lemah akan kalah.Lantas, apa maksud dari hukum rimba dan apa saja akibatnya? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan okezone berikut ini.

Melansir dari Britannica, hukum alam atau hukum rimba dalam filsafat ilmu, berarti keteraturan yang dinyatakan dalam hubungan atau tatanan fenomena di dunia yang berlaku, di bawah seperangkat kondisi yang ditetapkan, baik secara universal atau dalam proporsi contoh yang dinyatakan.

Secara singkat, hukum rimba adalah sistem hak atau keadilan yang dianggap umum untuk semua manusia dan berasal dari alam bukan dari aturan masyarakat, atau hukum positif.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara melansir dari Investopedia, hukum rimba menyatakan bahwa ada standar moral universal yang melekat pada umat manusia sepanjang masa, dan standar ini harus menjadi dasar masyarakat yang adil.

Manusia tidak diajari hukum kodrat itu sendiri, melainkan kita "menemukannya" dengan secara konsisten membuat pilihan untuk kebaikan, bukan kejahatan. Beberapa aliran pemikiran percaya bahwa hukum kodrat diturunkan kepada manusia melalui kehadiran ilahi.

Salah satunya akibat dalam penerapan hukum rimba yakni adanya diskriminasi.

Dalam hukum rimba, diskriminasi muncul sifat yang ingin lebih berkuasa. Sehingga memperlakukan orang lain yang lebih lemah darinya secara diskriminatif.

Tidak hanya itu adanya sifat perilaku semena-mena menjadi ujung dari diskriminatif yang dilakukan seseorang dengan kekuasaannya itu.

Nantinya akan menghalalkan segala cara untuk mempertahankan kekuasaannya. Bahkan, tak jarang masyarakat akan melakukan main hakim sendiri dalam menyelesaikan suatu masalah sebab menganggap dirinya lebih kuat dan berkuasa terhadap orang lain.

Itulah pemahaman terkait hukum rimba dan apa saja akibatnya di lingkungan masyarakat. 

(RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini