Share

5 Langkah Mudah Memandikan Kucing Sendiri dengan Benar

Rafid Ahmad Fauzi, Okezone · Selasa 29 November 2022 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 624 2716826 5-langkah-mudah-memandikan-kucing-sendiri-dengan-benar-wGTiGNXvgo.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Cara mudah memandikan kucing dengan benar akan dijelaskan pada artikel berikut ini. Pemilik kucing perlu memandikan kucingnya dengan benar agar terhindar dari penyakit.

Tidak seperti manusia, kamu tidak perlu memandikan kucing setiap hari. Mandikanlah kucing minimal satu bulan sekali karena sebenarnya kucing tetap bisa membersihkan dirinya sendiri.

Sebelum memandikan kucing, kamu perlu tahu bahwa beberapa kucing tidak suka terkena air. Sehingga kamu perlu memotong kuku kucing sebelum memandikannya.

Tujuannya agar bila kucing memberontak, kamu tidak akan terluka karena cakarannya. Selain itu, kamu juga harus memandikan kucing di waktu yang tepat.

Mandikanlah kucing saat keadaannya senang, rileks, dan dalam suasana yang baik. Kamu juga bisa mengajaknya bermain sebelum mandi, agar dia lelah dan tidak memberontak.

Cara Mudah Memandikan Kucing dengan Benar

Kamu bisa memandikan kucingmu sendiri di rumah dengan benar.

Sehingga bisa menghemat biaya perawatan kucing. Berikut langkah-langkahnya:

Follow Berita Okezone di Google News

1. Pegang dan Basahi Tubuh Kucing

Langkah pertama adalah pegang leher kucing bagian belakang, hal tersebut akan membuat kucing terdiam dan tidak memberontak. Jika masih memberontak kamu bisa memberikan mainan kesukaannya.

Setelah itu basahi tubuh kucing dengan perlahan, mulai dari leher hingga ekornya. Gunakanlah air hangat karena kucing suka udara yang hangat.

Jangan basahi area wajah dengan mengguyur dengan air karena akan membuatnya kaget dan marah.

2. Gunakan Shampo Kucing

Setelah sekujur tubuh kucing basah, kamu bisa menuangkan shampo khusus kucing ke sekujur tubuhnya. Gosok perlahan mulai dari area leher, punggung, perut, ekor, dan kakinya.

Jangan menggunakan shampo khusus manusia karena kandungan zat didalamnya sangat berbeda dan tidak direkomendasikan untuk kucing.

3. Bilas hingga Bersih

Setelah sekujur tubuh kucing diberi shampo, biarkanlah sebentar lalu bilas dengan air hangat.

Pastikan dibilas hingga bersih karena shampo yang menempel pada tubuh kucing bisa menjadi kotoran dan menyebabkan iritasi pada kulit kucing.

4. Bersihkan Wajah Kucing

 

Wajah kucing memang tidak boleh disiram dengan air secara langsung, namun kamu tetap harus membersihkan wajah kucing.

Cara yang bisa dilakukan adalah membasahi wajah kucing dengan kain lap basah. Jika ada kotoran yang berlebih bisa menggunakan sedikit shampo pada kain dan bersihkan wajah kucing dengan hati-hati. Jangan sampai mengenai area mata dan telinga.

5. Keringkan Tubuh Kucing

 

Langkah terakhir adalah keringkan tubuh kucing. Keringkan tubuh kucing menggunakan handuk yang lembut sampai tidak ada sisa air yang menetes.

Lalu, bawa dia ke tempat yang hangat seperti dibawah sinar matahari. Jika punya kandang kucing, masukkanlah dia ke dalam kandang dan jemur sebentar dibawah sinar matahari.

Demikianlah cara mudah memandikan kucing dengan benar. Semoga membantu!

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini