Share

3 Jurusan Kuliah yang Mahasiswanya Belum Lulus Tapi Sudah Kerja

Tika Vidya Utami, Litbang Okezone · Minggu 13 November 2022 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 13 65 2706550 3-jurusan-kuliah-yang-mahasiswanya-belum-lulus-tapi-sudah-kerja-V8QgJAexH5.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Untuk kerja tidak harus menunggu lulus kuliah dahulu.Belum mempunyai ijazah bukan menjadi halangan untuk memperolah pekerjaan.

Terdapat jurusan kuliah yang mahasiswanya belum lulus tetapi sudah kerja. Berikut daftarnya.

1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Salah satu jurusan kuliah yang mahasiswanya belum lulus tapi sudah bisa kerja adalah desain komunikasi visual (DKV).

DKV merupakan cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dengan ungkapan kreatif.

Seorang sarjana DKV harus dapat mengolah pesan secara efektif, informatif serta komunikatif.

Follow Berita Okezone di Google News

Terdapat tiga peminatan di jurusan DKV, antara lain komunikasi grafis, komunikasi multimedia, komunikasi visual periklanan.

Mahasiswa jurusan ini dapat menjadi seorang freelancer desain grafis, ilustrator, fotografer, animator hingga web designer.

Prospek kerja setelah lulus dari DKV pun beragam, mulai dari wirausaha, biro konsultan desain, advertising, production house, bekerja di stasiun televisi, percetakan hingga penerbitan.

2. Sastra

Mahasiswa jurusan sastra juga dapat menambah pundi-pundi uangnya sebelum dinyatakan lulus kuliah.

Biasanya mahasiswa ini mengajar di suatu tempat hingga freelancer.

Dengan keterampilan dan keahlian bahasa asing yang dimilikinya, para mahasiswa dapat mengimplementasikannya di dunia kerja. 

Berkuliah di jurusan sastra dapat memberikan tambahan ilmu menulis.

Mahasiswa jurusan sastra dapat bekerja sebagai editor, jurnalis, copywriter, content writer, production house, hingga bekerja di instansi pemerintah dan kantor kedutaan besar.

3. Arsitektur

Arsitektur merupakan jurusan kuliah yang mahasiswanya belum lulus sudah dapat bekerja. Mahasiswa jurusan ini dapat bekerja di biro arsitek.

Bekerja di biro arsitektur dapat memberi pengetahuan terkait seluk beluk manajemen perusahaan serta memberi pengetahuan terkait koordinasi dalam suatu proyek.

Menjadi seorang freelancer, membuat start up company hingga bekerja di suatu perusahaan mempunyai potensi dalam memanfaatkan ilmu arsitektur.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini