Share

4 Daftar Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan BUMN Sektor Telekomunikasi

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Minggu 13 November 2022 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 13 65 2706542 4-daftar-jurusan-kuliah-yang-paling-dibutuhkan-bumn-sektor-telekomunikasi-gEKcpeIkej.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Alumni dari berbagai jurusan kuliah tentunya sangat dibutuhkan di dunia kerja, termasuk bagi BUMN yang bergerak di sektor telekomunikasi.

Namun, apa sajakah daftar jurusan kuliah tersebut?

Berikut jurusan kuliah yang paling dibutuhkan BUMN sektor telekomunikasi.

1. Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika tentu sangat dibutuhkan di BUMN sektor telekomunikasi.

Bukan hanya mempelajari secara mendalam bagaimana menggunakan dan memanfaatkan teknologi komputer, mahasiswa pada jurusan ini juga akan mempelajari proses pengembangan, pengujian, hingga pengembangan sebuah perangkat lunak.

Para alumni teknik informatika akan memiliki kemampuan atau keahlian dalam berpikir kritis, logis, dan sistematis.

Follow Berita Okezone di Google News

Dengan begitu, maka jebolan teknik informatika memiliki berbagai keahlian yang bisa dibanggakan dan berguna di dunia kerja, apalagi BUMN sektor telekomunikasi.

 

2. Ilmu Komunikasi

Selanjutnya, ada jurusan ilmu komunikasi yang lulusannya juga sangat cocok berkerja di BUMN sektor telekomunikasi.

Ilmu komunikasi jelas dibutuhkan di mana saja dan kapan pun. Lulusannya dapat dibilang memiliki keahlian di banyak bidang, seperti komunikasi antarindividu, komunikasi media, dan lainnya.

Selain memiliki kemampuan bicara yang baik, lulusan ilmu komunikasi biasanya juga mempunyai keahlian menulis dan mendengarkan.

Di sebuah perusahaan, alumnus ilmu komunikasi bisa ditempatkan di berbagai divisi. Namun, memang lebih banyak menduduki divisi humas (hubungan masyarakat).

3. Psikologi

Setiap perusahaan, termasuk BUMN, pasti membutuhkan divisi sumber daya manusia (SDM) yang bertugas menguji kandidat karyawan baru.

Ranah tersebut menjadi ladangnya alumnus fakultas psikologi, yang tentunya memiliki kemampuan menganalisa kepribadian seseorang melalui serangkaian tes yang dilakukan.

Berbagai keahlian, seperti analisis, asesmen, dan cara menggunakan alat tes dimiliki oleh lulusan psikologi.

Tidak hanya sebagai karyawan, mereka yang merupakan lulusan psikologi juga bisa memberikan jasa konsultasi kepada berbagai perusahaan yang memiliki isu di bidang SDM.

4. Hukum

 

Sama seperti psikologi, BUMN di bidang telekomunikasi juga sangat membutuhkan sarjana hukum guna melakukan analisis perjanjian kerja sama atau dokumen lainnya dengan perusahaan mitra.

Melansir Okezone, posisi dalam sebuah perusahaan (termasuk BUMN) yang cocok untuk alumnus hukum adalah data security and privacy lawyer.

Merekalah yang akan mengkaji peraturan pemerintah agar perusahaan bisa semaksimal mungkin menerapkan strategi sesuai peraturan yang ada.

Tentunya, tanpa melanggar privasi. Alumni hukum sudah pasti memiliki pola pikir kritis, mampu menganalisa, komunikatif, dan bisa mengutarakan pendapatnya dengan sangat baik.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini