Share

Okezone Goes to School: Simak Nih, Rektor UNS Kasih Bocoran Lolos Seleksi Masuk PTN Impian

Inin Nastain, Koran Sindo · Kamis 10 November 2022 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 10 624 2704935 okezone-goes-to-school-simak-nih-rektor-uns-kasih-bocoran-lolos-seleksi-masuk-ptn-impian-fg5dgtBZAF.JPG Rektor UNS Jamal Wiwoho (Foto: Tangkap Layar Okezone Goes to School)

JAKARTA - Sejumlah strategi harus disiapkan para siswa yang akan ikut seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) impian. Setidaknya ada lima strategi yang bisa digunakan para siswa agar usahanya untuk masuk PTN impian bisa berhasil.

Lima strategi itu seperti bocoran yang disampaikan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Profesor Jamal Wiwoho saat memberi materi dalam Program Okezone Goes To School, Kamis (10/11/2022). Niat, menjadi hal yang harus diperhatikan oleh para siswa setiap akan melakukan pekerjaan, termasuk masuk seleksi PTN.

“Satu adalah niatkan yang benar-benar lurus dan kuat. Sebetulnya niat ini harus sudah lahir mulai saat masuk SMA, tidak saat pada kelas 3 saja,” kata dia.

Optimistis dan percaya diri, menjadi hal lain, selain niat, yang perlu dimiliki oleh para calon mahasiswa yang akan mengikuti tes masuk PTN impian. Kendati demikian, rasa optimistis itu, perlu juga dibarengi dengan potensi diri.

“Tetapi jangan lupa (dengan strategi) yang ketiga. Walaupun optimis, tapi kenali potensi diri. Yang keempat, fokus. Penting bagi para calon mahasiswa ini harus fokus dan perhatian. Sebagai orang tua, saya pasti ‘you jangan pacaran.’ Fokus pada niat masuk PTN impian,” beber dia.

“Yang kelima, ya harus bersungguh-sungguh. Berusaha semaksimal mungkin. Dalam konteks ini tentu belajar semaksimal mungkin, tetapi tidak boleh lupa berdoa. Yang penting lagi, tentukan pilihan program studi sesuai dengan kemampuan. Jangan ikut-ikutan,” lanjut Jamal.

(kha)

(fmi)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini