Share

10 Fakta Buaya yang Jarang Diketahui Orang, Hewan yang Cerdas hingga Suka Makan Buah

Zseztar Juvendhitama, Okezone · Minggu 06 November 2022 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 06 624 2701985 10-fakta-buaya-yang-jarang-diketahui-orang-hewan-yang-cerdas-hingga-suka-makan-buah-19AYcanLwF.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Buaya merupakan jenis reptil buas dan besar yang sangat terkenal. Hampir semua kalangan mengetahui hewan ini, mungkin pernah melihatnya secara langsung.

Barangkali, kamu juga mengetahui berbagai fakta tentang hewan ini, contohnya bahwa mereka memangsa dengan cara mengambang di air layaknya kayu sambil menunggu buruannya lewat.

Tetapi, masih ada banyak fakta tentang buaya yang dapat kita ketahui dan beberapa di antaranya terbilang mengagetkan.

Di bawah ini terdapat sepuluh fakta menarik tentang buaya yang tak banyak diketahui orang.

1. Buaya Merupakan Hewan yang Cerdas

Dapat bekerja sama menyatakan kalau buaya sebenarnya merupakan hewan yang cerdas.

Britannica mengatakan, walau otak buaya mempunyai ukuran yang relatif kecil dibanding badannya, mereka dapat memperlihatkan perilaku yang erat.

Contohnya, mereka selalu memperlihatkan rasa ingin tahu yang tinggi.

Follow Berita Okezone di Google News

Buaya yang dibudidayakan di penangkaran juga bisa mengenali pawangnya, sehingga buaya tak takut ataupun berkelakuan agresif kepada sang pawang.

Buaya bahkan dapat meminta makan, terkadang mau dimanja seperti hewan peliharaan. Tetapi, tentunya buaya hanya berperilaku seperti itu kepada orang yang telah dikenalinya.

2. Jenis Kelamin Bayi Buaya Ditentukan pada Suhu di Sekitar Sarang

Buaya juga mempunyai keunikan pada proses reproduksinya. Umumnya, jenis kelamin bayi hewan telah ditentukan saat terjadinya pembuahan.

Tetapi untuk buaya, hal itu baru dapat ditentukan saat setelah induknya melahirkan telur dan menimbunnya di sarang.

Kelak, suhu di sekitar sarang dapat menentukan jenis kelamin sang bayi. Suhu hangat dapat membuat sang bayi berkelamin jantan, sedangkan untuk suhu rendah dapat membuat bayinya berkelamin betina.

Maka dari itu, sarang buaya yang terkena sinar matahari biasanya dapat melahirkan bayi jantan, sedangkan sarang yang di tempat sejuk dapat melahirkan bayi betina.

 

3. Ada Kalanya Suka Makan Buah

Kamu pasti mengetahui bahwa buaya adalah karnivor sejati. Tetapi, Live Science menyatakan bahwa buaya dan aligator terkadang suka memakan buah.

Bukan hanya satu atau dua spesies, tetapi terdapat 13 spesies yang sempat diperhatikan memakan buah dan kacang-kacangan.

Awal mulanya, para ilmuwan berpikir bahwa buaya makan buah secara tak sengaja.

Tetapi, lalu mereka melihat sendiri bahwa buaya sering memakan buah anggur serta beri langsung dari pohonnya dengan jumlah yang besar.

Maka dari itu, buaya dipertimbangkan mempunyai andil dalam menebarkan biji buah yang mereka makan ke daerah-daerah lain.

 

4. Memiliki Kerabat yakni Kaiman, Aligator, Gavial Palsu dan Gavial

Buaya termasuk ke dalam famili Crocodylidae yang terdiri atas 13 spesies.

Bagian famili itu biasanya disebut sebagai buaya sejati. Mereka tetap berkerabat dengan aligator, yang terdiri atas dua spesies dalam famili Alligatoridae.

Selain dari itu, ada juga kaiman, yang sama tergabung dalam famili Alligatoridae. Terakhir, ialah famili Gavialidae, yang terdiri atas gavial palsu dan gavial.

Walau semuanya mempunyai penampilan yang serupa, tetapi aligator, buaya, gavial, gavial palsu dan kaiman merupakan jenis hewan yang berbeda.

5. Menjadi Reptil Terbesar di Dunia

Buaya merupakan hewan reptil terbesar di dunia. Karena, penghargaan itu diraih oleh jenis buaya air asin (Crocodylus porosus) yang panjangnya dapat mencapai sekitar 7 meter dan memiliki berat 1 ton, seperti dikutip oleh Oceana.

Justru, jenis buaya terkecil pun dapat berukuran lebih besar dibanding manusia. Jenis tersebut merupakan buaya kerdil (Osteolaemus tetraspis), yang mempunyai panjang rata-rata sekitar 1,7 meter, tetapi dapat juga mencapai 1,9 meter dan berat 32 kilogram.

6. Menjadi Hewan Dengan Gigitan Terkuat

Selain ganas dan besar, buaya sangat menyeramkan karena menjadi hewan dengan gigitan terkuat di dunia.

National Geographic mengatakan apabila buaya air asin memiliki kekuatan gigitan mencapai 16.460 Newton.

Itu seperti empat kali lipat lebih kuat daripada gigitan singa, atau sekitar 80 kali lebih kuat dibanding gigitan manusia.

7. Mempunyai Otot Rahang yang Lemah

Kenyataannya, walau kekuatan gigitannya tak terbendung, buaya justru mempunyai otot pembuka rahang yang terbilang lemah.

Maka dari itu, mengapa manusia dapat menutup mulut buaya dengan gampang, hanya dengan mengikatnya memakai tali, atau hanya menahannya dengan kedua tangan.

Tetapi, tentu hal tersebut hanya dapat dilakukan oleh orang profesional, jadi jangan asal mencoba.

8. Dapat Mengeluarkan Beragam Jenis Suara

Dapatkah buaya dan kerabatnya mengeluarkan suara? Ya, tentu bisa, salah satunya ialah seperti suara dalam video di atas yang bernama bellowing dalam bahasa Inggris.

Selain dari itu, aligator dan buaya dapat mengeluarkan suara desisan, geraman dan dengusan. Sementara itu, bayi buaya dari banyak jenis dapat mengeluarkan suara layaknya suara bebek.

 

9. Bayi Buaya Mempunyai Tingkat Kematian yang Tinggi

Buaya dewasa merupakan predator ganas dan tidak banyak hewan yang berani dengan buaya.

Tetapi ketika masih bayi, buaya menjadi banyak incaran hewan, mulai dari burung, kadal, ikan dan maupun sesama buaya.

Maka dari itu, terhitung hanya ada 1 persen bayi buaya yang dapat hidup dan tumbuh sampai dewasa.

10. Menjadi Reptil Paling Sosial

Beragam jenis suara yang dikeluarkan buaya untuk saling berinteraksi. Benar, buaya ternyata merupakan jenis reptil yang paling sosial.

Walau tak hidup secara berkelompok, mereka kerap berkumpul berbarengan di tepi sungai untuk berjemur.

Apalagi, kutipan Sci-News mengatakan bahwa buaya kerap bekerja sama sebagai tim untuk mendapatkan mangsa.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini