Share

Contoh Sains Dalam Kehidupan Sehari-hari, Mobil Listrik Mulai Digunakan Masyarakat

Rafika Putri, Okezone · Sabtu 22 Oktober 2022 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 22 65 2692418 contoh-sains-dalam-kehidupan-sehari-hari-mobil-listrik-mulai-digunakan-masyarakat-SsQSxmsuZU.jpg Mobil listrik. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Sains menurut Ensiklopedia Britannica merupakan sebuah sistem yang melibatkan pencarian pengetahuan umum dasar terkait segala hal dan fenomena yang ada di sekitar kita.

Dalam ilmu sains, terdapat penelitian yang harus dilakukan secara empiris dan juga disusun secara sistematis. Sains ini mulai dipelajari di bangku sekolah, kemudian semakin didalami ketika jenjang perguruan tinggi.

BACA JUGA: Kendaraan Listrik Bisa Pangkas Subsidi BBM Rp502 Triliun

Perubahan sains mengikuti perkembangan zaman di masyarakat. Sains juga memiliki defini yang lebih luas lagi. Bahkan beberapa peneliti juga melakukan penelitian yang sangat dalam, sampai ke hal yang tidak bisa di lihat dan tersentuh.

Dikutip Okezone dari berbagai sumber, beberapa contoh sains yang berperan besar dalam kehidupan sehari-hari manusia.

1. Stem Cell 

Di tengah perkembangan zaman seperti saat ini, teknologi terus berkembang. Salah satunya terapi stem cell yang belakangan sangat diminati. Stem cell ini merupakan salah satu metode pengobatan penyakit yang dikembangkan melalui cabang ilmu kimia yang mana mengembangkan sel khusus di dalam otak dan hati untuk memperbaiki kesehatan.

BACA JUGA: 3 Pengaruh Pembentukan Muka Bumi bagi Kehidupan, Nomor 2 Bisa Hasilkan Emas

2. Penemuan Hobbit di Indonesia 

Tak hanya di dalam film, rupanya Hobbit benar-benar ditemukan di Indonesia. Tim peneliti Indonesia-Australia beberapa tahun silam menemukan jejak hobbit yang mana dikembangkan menggunakan ilmu biologi.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Pengembangan Mobil Listrik

Seluruh penjuru dunia mengembangkan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, apalagi kini harga bahan bakar minyak semakin tinggi. Pengembangan mobil listrik ini mulai dilakukan di Indonesia sebagai bukti bahwa ilmu fisika digunakan dengan baik.

4. Pencatatan kehadiran karyawan dengan sistem fingerprint 

Pada mesin perekam sidik jari, terdapat perangkat elektronik untuk merekam gambar digital dari pola sidik jari. Gambar tersebut kemudian disimpan sebagai data oleh sistem. Jika seseorang yang melakukan presensi kehadiran telah terekam pola sidik jarinya, maka secara otomatis mesin akan mencocokkan dengan data yang telah disimpan dan terhitung sebagai kehadiran.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini