Share

Apa Penyebab Cacing Kremi Keluar dari Dubur? Simak Penjelasannya di Sini

Cita Zenitha, MNC Portal · Rabu 19 Oktober 2022 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 19 624 2690380 apa-penyebab-cacing-kremi-keluar-dari-dubur-simak-penjelasannya-di-sini-nMXCSzILaO.jpg Ilustrasi (Foto: Freepik)

JAKARTA- Apa penyebab cacing kremi keluar dari dubur? Simak penjelasannya disini untuk mengatasi infeksi cacing kremi.

Cacing kremi adalah cacing kecil parasit yang hidup dalam tubuh manusia. Infeksi terjadi karena telur cacing kremi bersemayam didalam tubuh dan menyerang usus besar.

Infeksi cacing kremi dapat menyerang siapa saja. Umumnya, cacing kremi banyak menyerang anak-anak. Cacing kremi masuk kedalam tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi telur cacing kremi.

Telur cacing kremi dapat hinggap dimana saja melalui transmisi udara. Walau hal ini sebenarnya sangat jarang sekali terjadi.

Follow Berita Okezone di Google News

Lalu apa penyebab cacing kremi keluar dari dubur? Simak penjelasannya disini. Cacing kremi berwarna putih dengan panjang tubuh hanya 5-13 milimeter. Karena bersifat menular cacing kremi dapat menyerang siapa saja. Untuk itu hindari kontak langsung dan tidak langsung dengan penderita cacing kremi.

Karena menyerang usus besar, cacing kremi dapat keluar dari dubur. Tak jarang, pada penderita infeksi cacing kremi, cacing akan keluar melallui budur seiiring buang air besar.

Penderita akan mendapati potongan berwarna putih panjang kecil dalam duburnya. Rasa gatal juga meliputi dubur penderita cacing kremi.

Rasa gatal biasanya terjadi karena cacing kremi sedang bertelur. Lendir yang dikeluarkan oleh cacing kremi ketika bertelur mengakibatkan rasa gatal dan tidak nyaman.

Gejala cacing kremi dapat diketahui sebagai berikut:

Muncul rasa gatal dna tidak nyaman pada dubur

Sakit perut disertai mual-mual

Iritasi pada bagian anus disebabkan gatal yang teramat sangat

Sulit tidur akibat gatal

Lakukan kebiasaan-kebiasaan berikut sebagai langkah pencegahan infeksi cacing kremi:

-Hindari bertukar alat makan atau barang-barang pribadi dengan orang lain

-Rutin mengganti sprei dan handuk

Keringkan pakaian di bawah sinar matahari langsung

-Bersihkan pakaian dan alat makan yang terkontaminasi cacing kremi dengan air panas

-Biasakan untuk mencuci tangan dengan benar

-Konsumsi obat cacing setiap 6 bulan sekali

 
Demikian informasi mengenai apa penyebab cacing kremi keluar dari dubur? Simak penjelasannya disini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini