Share

4 Sekolah Net Zero Carbon di Jakarta, Apa Kelebihannya?

Rifqa Nisyardhana, Okezone · Rabu 05 Oktober 2022 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 624 2681085 4-sekolah-net-zero-carbon-di-jakarta-apa-kelebihannya-el7xXUEUaS.jpg 4 Sekolah Net Zero Carbon/Instagram

JAKARTA - Konsep Net Zero Carbon ini telah dipakai oleh empat gedung sekolah di wilayah Jakarta. Tujuannya agar bangunan sekolah menjadi lebih ramah lingkungan sehingga bisa mengurangi emisi karbon.

Sekolah dengan konsep yang pertama kali di Indonesia ini telah diresmikan secara simbolis oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di SDN Ragunan 08, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Rabu (28/9/2022) pagi.

Dikutip dari pembahasan Anies, sebuah bangunan menyedot energi sebesar 36% dan menghasilan emisi karbon global sebesar 39%.

Maka dari itu, konsep ini diterapkan untuk bangunan-bangunan di sekolah agar bisa mengurangi masalah itu, khususnya di daerah ibu kota.

Anies juga mengharapkan bahwa siswa bisa lebih dekat dengan penerapan ramah lingkungan yang tidak hanya dibaca atau dilihat saja. Akan tetapi, mereka bisa melakukan pendekatannya secara langsung.

Kelebihan dari sekolah dengan konsep Net Zero Carbon ini bisa mengurangi energi listrik.

Dengan demikian, pembayaran listrik yang harus dibayar oleh sekolah bisa berkurang dan lebih hemat.

Selain itu, konsep ini membuat kegiatan belajar mengajar akan mengandalkan cahaya dari matahari sehingga bermanfaat untuk kesehatan siswa.

4 Sekolah dengan Konsep Net Zero Carbon di Jakarta

1. SDN Ragunan 08, Jakarta Selatan

2. SDN Duren Sawit 14, Jakarta Timur

3. SD Grogol Selatan 09, Jakarta Selatan

4. SMAN 96 Cengkareng, Jakarta Barat

Keempat sekolah tersebut dirancang oleh arsitek ternama, yaitu Andramating, Asosiate Arsitek, dan Djuhara ples Juhara. Pembangunan ini memakan biaya sebesar Rp20-30 miliar untuk tiap satu sekolahnya.

Itu dia keempat sekolah yang menggunakan konsep Net Zero Carbon di wilayah Jakarta. Anies menambahkan bahwa di tahun 2023, ada rencana pembangunan 20 sekolah di Jakarta dengan konsep sama.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini