Share

Sejarah Hari Guru Sedunia, Ditetapkan UNESCO Sejak Tahun 1994

Natalia Bulan, Okezone · Rabu 05 Oktober 2022 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 624 2680640 sejarah-hari-guru-sedunia-ditetapkan-unesco-sejak-tahun-1994-28314btbWj.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Tanggal 5 Oktober diperingati sebagai Hari Guru Sedunia.

Hal ini ditetapkan oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

UNESCO percaya bahwa pendidikan, budaya, dan komunikasi adalah sarana untuk membangun perdamaian.

Mengutip dari laman resmi UNESCO, organisasi ini memproklamasikan tanggal 5 Oktober sebagai Hari Guru Sedunia pada tahun 1994.

Hal ini sebagai perayaan langkah besar yang dibuat untuk guru pada tanggal 5 Oktober 1966, ketika konferensi antar pemerintah khusus yang diselenggarakan oleh UNESCO di Paris mengadopsi Rekomendasi UNESCO/ILO tentang Status Guru, bekerja sama dengan ILO.

Rekomendasi ini menetapkan hak dan tanggung jawab guru serta standar internasional untuk persiapan awal dan pendidikan lanjutan mereka, rekrutmen, pekerjaan, serta kondisi belajar mengajar.

Rekomendasi ini juga memberi guru di seluruh dunia instrumen yang mendefenisikan tanggung jawab mereka dan menegaskan hak-hak mereka.

Sejak diadopsi, Rekomendasi UNESCO/ILO telah dianggap sebagai seperangkat pedoman penting untuk mempromosikan status guru demi kepentingan pendidikan yang berkualitas.

5 Oktober juga merayakan adopsi oleh Konferensi Umum UNESCO pada tahun 1997 dari Rekomendasi UNESCO tentang Status Tenaga Pengajar Pendidikan Tinggi.

Hari Guru Sedunia pada tahun 2016 di Kantor Pusat UNESCO juga mencakup upacara penghargaan Hamdan Prize dan seminar dengan Komite Ahli Gabungan ILO/UNESCO tentang Penerapan Rekomendasi tentang Tenaga Pengajar (CLEART).

Respons positif terhadap Hari Guru Sedunia beberapa tahun belakangan terakhir menunjukkan kesadaran, pemahaman, dan penghargaan yang signifikan atas kontribusi vital yang diberikan guru terhadap pendidikan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini