Share

Kisah Haru Ayah Wakili Wisuda Anaknya yang Sudah Meninggal setelah Sidang Skripsi

Tim Okezone, Okezone · Rabu 28 September 2022 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 65 2675971 kisah-haru-ayah-wakili-wisuda-anaknya-yang-sudah-meninggal-setelah-sidang-skripsi-F6mpDphyPh.jpeg Seorang ayah yang mewakili wisuda anaknya yang sudah meninggal/Dok. Unpas

BANDUNG - Kisah pilu mewarnai acara Wisuda Universitas Pasundan (Unpas) Gelombang II TA 2021/2022 di Harris Hotel and Convention, Festival Citilink, Bandung, Sabtu (28/5/2022).

Terlihat seorang ayah menggunakan kopiah dan pakaian serba hitam tampak duduk di barisan belakang bersama ratusan wisudawan Fakultas Teknik, sembari memegang toga dan mengenakan pin tanda peserta wisuda di dadanya.

Dikutip dari laman resmi Unpas, seorang ayah itu adalah Haji Rasta, petani asal Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon yang menggantikan putranya untuk mengikuti wisuda dan menerima piagam kelulusan.

Suasana semakin haru ketika Haji Rasta turut membacakan janji wisudawan dan maju untuk dilantik pada prosesi pelantikan.

Putranya, Muhamad Ali Yunan Isnan, S.T. meninggal sebelum diwisuda. Ali merupakan mahasiswa program studi Teknologi Pangan angkatan 2016.

Ali meninggal pada 6 Februari 2022 akibat penyakit paru-paru yang dideritanya, tak lama setelah ia menuntaskan sidang akhir dan menyandang gelar sarjana.

Ayahnya menuturkan, Ali adalah sosok pendiam dan tidak mau membebani orang tua. Kepada teman-temannya, Ali mengeluh sakit paru-paru dan beberapa kali kontrol ke dokter penyakit dalam.

โ€œTeman-temannya bilang, Ali sering batuk dan demam, tapi masih bisa ikut kegiatan kampus. Saya baru tahu dari teman dekatnya kalau anak saya sakit, jadi saya jemput ke kosnya untuk dibawa ke rumah sakit,โ€ katanya sambil berlinang air mata.

Sebelum meninggal, Ali sempat tiga kali dirawat di salah satu rumah sakit di Cirebon.

โ€œAnak saya kondisinya drop setelah menyelesaikan sidang akhir, bahkan dia sudah dapat gelar sarjana,โ€ ujarnya.

Setelah prosesi wisuda selesai, Rektor Unpas Profesor Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU. menghampiri dan memeluk Haji Rasta.

Rektor bersama Wakil Rektor I Prof. Dr. H. Jaja Suteja, M.Si., dan Wakil Rektor III Dr. H. Deden Ramdan, M.Si. menyatakan bela sungkawa dan mendoakan almarhum Muhamad Ali Yunan Isnan.

Secara khusus, Dekan FT Unpas Dr. Ir. Yusman Taufik, M.P. dan Wakil Dekan I FT Unpas Dr. Ririn Dwi Agustin, M.T. juga menemui Haji Rasta untuk menyampaikan bela sungkawanya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini