Share

10 Contoh Kalimat Pidato yang Berisi Ajakan

Fatmawati, Okezone · Selasa 27 September 2022 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 624 2675989 10-contoh-kalimat-pidato-yang-berisi-ajakan-G18KZAFVWx.jpg Ilustrasi/Unpslash

JAKARTA - Pidato kerap hadir di berbagai acara sebagai sambutan atau pembuka sebelum dimulainya acara tersebut.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengenal dan mempelajari bagaimana cara menyusun pidato.

Pidato sendiri terbagi dalam beberapa jenis, salah satunya yaitu pidato persuasif atau pidato ajakan.

Seperti namanya, pidato jenis ini diisi dengan kalimat-kalimat yang membangkitkan emosi, semangat, atau persetujuan bagi orang yang mendengarnya.

Biasanya dilengkapi dengan ajakan, larangan, atau saran.

Untuk lebih jelas dalam mengenal jenis pidato persuasif, berikut 10 contoh kalimat pidato yang berisikan kalimat ajakan.

1. Pidato Singkat Tentang Lingkungan

 

Assalamualaikum Wr. Wb. Yang terhormat Bpk. Kepala sekolah MTsN 30 Jakarta, yang saya hormati Bpk. dan ibu guru serta karyawan sekolah MTsN 30 Jakarta, serta rekan-rekan yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur pada Tuhan yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat serta karunian-Nya kita bisa berkumpul pada siang hari ini dalam rencana memperingati hari lingkungan.

Maka dari itu, perkenankanlah saya mengumumkan sedikit penjelasan mengenai pentingnya melindungi kebersihan lingkungan sekolah.

Follow Berita Okezone di Google News

Kebersihan lingkungan adalah hal yang amat mutlak manfaatnya untuk melindungi kesehatan diri sendiri serta kesehatan lingkungan itu sendiri.

Lingkungan yang sehat dapat meminimalisir penyebaran penyakit serta dapat memberikan kenyamanan saat berada di lingkungan tersebut.

Lingkungan sekolah yang bersih juga menjadi salah satu faktor pendorong kesuksesan kegiatan belajar mengajar di kelas.

Oleh karena itu, sebagai warga sekolah marilah kita melindungi kebersihan lingkungan sekolah dengan diawali dari diri sendiri, seperti buang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan barang-barang di laci meja supaya tidak menjadi sarang nyamuk.

Karena sesungguhnya melindungi kebersihan lingkungan sangat mutlak manfaatnya dalam menciptakan lingkungan yang sehat serta nyaman.

Sekian pidato yang saya berikan, semoga kita semua sebagai warga sekolah MTsN 30 Jakarta bisa ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Terima kasih atas perhatiannya, kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

2. Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Assalamu’alaikum Wr.Wb. Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Yang saya hormati Ibu Hanum selaku guru Bahasa Indonesia serta teman-teman sekalian. 

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puji dan syukur, karena hingga saat ini kita masih diberikan kesehatan serta kesempatan untuk bisa berkumpul mendengarkan pidato yang saya bawakan hari ini dengan tema kuasai bahasa, kuasai dunia.

Kalian tentu memiliki keinginan untuk pergi keliling dunia. Salah satu cara untuk mewujudkan mimpi tersebut adalah dengan mempelajari banyak bahasa.

Bahasa sendiri adalah salah satu kunci untuk menguasai dunia. Contohnya bisa dibuktikan ketika kita sedang berada di negara asing, bahasa di negara tersebut tentu berbeda dengan bahasa di negara kita.

Nah, dengan demikian kita perlu menguasai banyak bahasa.

Bahasa juga menjadi alat komunikasi sosial antar manusia.

Dengan bahasa dunia dapat dipersatukan, dan dengan bahasa juga kita mendapat wawasan baru.

Oleh karena itu, jika kita dapat menguasai bahasa, maka kita juga akan dapat menguasai dunia.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas perhatiannya, kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

3. Contoh Pidato Singkat Tentang Wirausaha

 

Yang saya hormati, Ibu Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, dan teman-teman yang saya cintai. Marilah kita panjatkan puja serta puji dan syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kehadiratnya yang selalu senantiasa mengirimkan banyak limpahan rahmat, karunia dan keberkahan kepada kita semua sebagai umatnya.

Menempuh pendidikan yang tinggi adalah penting untuk bisa menambah ilmu, seperti mengatur keuangan, mengatur manajemen bisnis serta masih banyak lagi yang kita dapatkan dengan menempuh pendidikan yang lebih tinggi seperti pengalaman yang berharga dan menemukan teman baru.

Untuk para pencari kerja yang sudah lama menunggu panggilan dari lamaran yang telah berapa kali tak terhitung banyaknya telah dikirim, mari bangkit mulai dengan membangun lapangan kerja baru dengan mulai berbisnis.

Mari motivasi diri untuk selalu melakukan hal yang bermanfaat, melakukan hal yang bisa membuat diri lebih baik dari sebelumnya dan memberi cambukan bagi diri bahwa untuk mendapat kerja bukan hanya dengan mengharapkan kerja dari yang orang lain berikan, yakinkan diri bahwa kalian mampu mendirikan usaha sendiri.

Sekian pesan saya pikirkan dan bertindak pada apapun yang menurut kalian berpeluang untuk sukses.

Semoga apa yang telah saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan untuk kesalahan yang saya sengaja maupun yang tidak saya sadari saya mohon maaf serta terima kasih.

Saya akhiri. Wassalamualaikum Wr. Wb.

4. Contoh Pidato Singkat Tentang Disiplin

Salam sejahtera bagi seluruh hadirin yang datang pada hari ini.

Di kesempatan kali ini, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia yang Dia berikan, sehingga kita bisa berkumpul di pagi hari yang cerah ini.

Pada pagi hari yang cerah ini saya akan menyampaikan pidato tentang pentingnya kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam melakukan apapun, hendaknya kita selalu bersikap disiplin.

Hal tersebut perlu dilakukan karena sangat bermanfaat bagi kehidupan kita dan orang lain.

Dengan memiliki sikap disiplin, segala aktivitas yang kita lakukan akan berjalan dengan tertib dan lebih teratur.

Kedisiplinan juga membuat kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar, dan membuat siswa yang disiplin akan menjadi panutan bagi siswa-siswa lainnya.

Kedisiplinan mesti kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali di lingkungan sekolah.

Beberapa contoh bentuk kedisiplinan yang bisa dilakukan di sekolah antara lain datang ke sekolah tepat waktu, mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) yang ditugaskan guru tepat waktu dan dikerjakan di rumah masing-masing, menaati peraturan sekolah, mengikuti pelaksanaan upacara bendera, melakukan piket sesuai jadwal, dan selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar.

Maka dari itu, sebagai murid mestinya kalian bisa menerapkan kedisiplinan di dalam diri masing-masing terutama saat di lingkungan sekolah.

Sebab, hal itu sangat bermanfaat baik bagi diri sendiri, bagi orang lain maupun bagi sekolah.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan dalam pidato kali ini. Terima kasih

5. Contoh Pidato Singkat Tentang Media Sosial

Assalamualaikum Wr. Wb. Yang saya hormati, Ibu Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, dan teman-teman yang saya cintai.

Bapak-bapak/ibu-ibu beserta rekan-rekan yang saya hormati.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua.

Saya akan menyampaikan sebuah pidato tentang dampak atau pengaruh media sosial terhadap anak anak remaja, lingkungan, orang tua, maupun terhadap diri kita sendiri.

Maka daripada itu saya sarankan agar lebih berhati-hati dalam memilih teman, batasi pergaulan.

Pilihlah orang-orang yang memang betul-betul mengenal kita, jangan sembarangan menambahkan atau menerima orang-orang belum benar-benar kita kenal, apalagi mereka yang menggunakan nama samaran.

Alangkah bijaknya kalau kita lebih memprioritaskan diri kita kedalam hal-hal yang lebih positif dalam menggunakan jejaring pertemanan itu.

Janganlah kita sampai lupa akan segala sesuatu dikarenakan facebook tersebut. Kita lupa akan waktu, lupa akan saudara, teman yang sudah pasti keberadaannya sejak dulu dan selalu menemani kita di saat kita belum mengenal media sosial.

Sekian dari saya, wassalamualaikum Wr. Wb.

6. Contoh Pidato Singkat Tentang Kedisiplinan

Yang saya hormati, Ibu Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, dan teman-teman yang saya cintai.

Pada kesempatan kali ini, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia yang telah diberikan oleh-Nya, sehingga kita bisa berkumpul di pagi hari yang cerah ini.

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato tentang pentingnya kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari.

Disiplin di sekolah seperti datang ke sekolah tepat waktu, mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) yang ditugaskan guru tepat waktu dan dikerjakan di rumah masing-masing, menaati peraturan sekolah, mengikuti pelaksanaan upacara bendera, melakukan piket sesuai jadwal, dan selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar.

Oleh karena itu, marilah murid-muridku semestinya bisa menerapkan kedisiplinan di dalam diri masing-masing terutama saat di lingkungan sekolah.

Sebab, hal itu sangat bermanfaat baik bagi diri sendiri, bagi orang lain maupun bagi sekolah.

Demikian pidato singkat yang dapat Bapak sampaikan kali ini. Kurang lebihnya mohon maaf, Wassalamualaikum Wr. Wb.

7. Contoh Pidato Singkat Tentang Covid-19

Assalamualaikum Wr. Wb. Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, saat ini 209 negara di dunia termasuk negara kita Indonesia sedang menghadapi tantangan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Masa yang berat bagi kehidupan kita, bahkan pandemi korona ini telah membawa kesedihan bagi sebagian orang dan kesulitan bagi banyak orang.

Dalam kesempatan ini, saya sampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi serta ucapan terima kasih kepada semua dokter, semua perawat, dan seluruh tenaga medis yang telah berjuang di garis depan dan terus berjuang hingga kini.

Tidak lupa juga pada mereka yang telah menjalankan peran penting tanpa pamrih: TNI, Polri, para relawan yang telah melaksanakan tugas di luar rumah untuk kita semua, atas nama masyarakat dan negara.

Mari kita terus bersama-sama menangani pandemi ini, bergotong royong, bersatu padu karena hanya dengan cara kebersamaan ini kita akan dapat mengatasinya.

Tetaplah bersabar, optimis, tetap disiplin berada di rumah, jaga jarak dalam berhubungan/berinteraksi dengan orang lain, hindari kerumunan, rajin cuci tangan, pakailah masker saat keluar rumah.

Ketika kedisiplinan kuat itu kita lakukan, insyaallah kita akan kembali pada situasi dan kondisi normal.

Terima kasih atas perhatiannya, Wassalamualaikum Wr. Wb.

8. Contoh Pidato Singkat Tentang Kejujuran

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati, Ibu Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama dan paling utama mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT.

Kejujuran adalah sebuah kata yang dikenal oleh hampir semua orang.

Bagi yang telah mengenal kata jujur mungkin sudah tahu apa itu makna dari kata tersebut.

Namun tak banyak juga yang tahu, atau bahkan mungkin tidak tahu sama sekali mengenai makna sebenarnya dari kata jujur itu sendiri.

Berikut saya akan mencoba memberikan pemahaman sebatas kemampuan saya tentang makna dari kata jujur.

Kata jujur adalah kata yang digunakan untuk menyatakan sikap seseorang. Bila seseorang berhadapan dengan suatu atau fenomena maka seseorang itu akan memperoleh gambaran tentang sesuatu atau fenomena tersebut.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa jujur adalah sebuah sikap yang selalu berupaya untuk menyesuaikan atau mencocokan antara informasi dengan fenomena.

Maka dari itu, jujur itu bernilai tak terhingga. Dan berani jujur itu hebat.

Sekian pidato yang saya sampaikan pada hari ini, terimakasih atas kesempatan dan waktu yang diberikan.

Mohon maaf jika ada salah kata. Selamat Siang dan sampai jumpa dilain waktu.

9. Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati, Ibu Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, dan teman-teman yang saya cintai.

Mari bersama-sama kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di sini.

Izinkan saya menyampaikan pidato hari ini mengenai Narkoba.

Tingkat penggunaan narkoba di Indonesia sangat besar, hal ini terjadi akibat lemahnya penegakan hukum di Indonesia bagi para pengedar internasional yang bekerja sama dengan warga negara Indonesia sehingga memperoleh keuntungan yang besar.

Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya itu tentu membawa dampak yang luas dan kompleks.

Dampak yang ditimbulkan antara lain, yaitu perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.

Pengguna narkoba biasanya lebih didominasi oleh para remaja dan anak sekolah. Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

10. Contoh Pidato Singkat Tentang Bahaya Merokok

Assalamualaikum Wr. Wb. Yang saya hormati, Ibu Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, dan teman-teman yang saya cintai.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini dalam rangka mewujudkan hari bebas rokok ini menjadi benar-benar bisa menjadi hari yang terbebas dari asap rokok selamanya.

Bukan menjadi rahasia umum lagi dan tidak harus dipungkiri lagi kalau di kalangan para perokok sebetulnya sudah mengetahui ataupun merasakan dampaknya dari bahaya merokok tersebut, namun mereka seolah menutup mata dengan bermacam alasan.

Padahal, asap rokok secara ilmiah sudah terbukti menyebabkan setidaknya 25 jenis penyakit.

Artinya, saat berbagai negara termasuk negara berkembang memperketat peraturan soal rokok untuk melindungi kesehatan rakyatnya, namun Indonesia justru menjadi surga bagi industri rokok.

Marilah kita wujudkan hidup sehat tanpa asap rokok diawali dari diri kita sendiri. Mudah-mudahan di hari bebas tembakau sedunia ini, kita akan lebih menyayangi diri kita sendiri dengan dimulai dari menyehatkan diri sendiri.

Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Demikian contoh kalimat pidato berisi ajakan yang dikutip dari beberapa sumber.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini