Share

Pertama di Indonesia, ULBI Akan Cetak Lulusan Andal di Sektor Logistik

Agung Bakti Sarasa, Koran Sindo · Senin 19 September 2022 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 65 2670475 pertama-di-indonesia-ulbi-akan-cetak-lulusan-andal-di-sektor-logistik-Pa8VAsvm9S.jpg Peluncuran ULBI, Sabtu (17/8/2022)/Agung B S

BANDUNG - Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) berkomitmen menjawab tantangan pemenuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor logistik.

ULBI adalah hasil merger dari dua lembaga pendidikan yang dimiliki Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia yaitu Sekolah Tinggi Managemen Logistik (STIMLOG) dan Politeknik Pos Indonesia (Poltek Pos) yang resmi diluncurkan pada Sabtu (17/9/2022) yang lalu.

Direktur Utama PT. Pos Indonesia (Persero), Faizal Rochmad Djoemadi mengatak ULBI adalah penyedia tenaga andal bidang logistik pertama di Indonesia.

"Ada ribuan penyelenggara logistik yang perlu talent. Siapa yang menyediakan talent untuk ribuan (perusahaan) logistik? ULBI di sini hadir," ujar Faizal dalam keterangannya, Senin (19/9/2022).

Meski berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bhakti Pos, lanjutnya, namun ULBI tidak hanya menjadi penyedia SDM untuk PT. Pos Indonesia, melainkan seluruh suplai change logistik, baik di Indonesia maupun mancanegara.

"Kebetulan yang mendirikan adalah Yayasan Pendidikan Bhakti Pos, tapi talent-nya bukan hanya untuk Pos, tapi untuk industri logistik keseluruhan. Tidak hanya di Indonesia, beberapa lulusan ULBI bahkan sudah bekerja di perusahaan logistik di luar negeri," jelasnya.

Lebih lanjut Faizal mengatakan, belanja logistik di Indonesia kini mencapai Rp3.400 triliun per tahun dan diselenggarakan oleh ribuan perusahaan logistik, baik lokal maupun luar negeri.

"Jadi spanding logistik di Indonesia itu Rp3.400 triliun dan itu 24 persennya dari PDB (Produk Domestik Bruto). Itu sangat besar," ujarnya.

Dengan besarnya belanja logistik di Indonesia, pihaknya berharap ULBI menjadi sentra SDM andal sektor logistik.

"Siapa pun yang mau belajar tentang logistik datang ke ULBI. Tidak hanya perusahaan di Indonesia, perusahaan di luar negeri kalau mau belajar tentang logistik ada di ULBI," katanya.

Rektor ULBI, Agus Purnomo mengatakan, ULBI mempunyai lima bidang studi khusus di bidang logistik, yaitu D3 Manajemen Logistik, S1 Terapan Bisnis Logistik, S1 Manajemen Logistik, S1 Manajemen Transportasi dan S1 Terapan e-commerce Logistik.

Dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan ULBI, kata Agus, pihaknya pun kini fokus membangun transformasi digital, agar lulusan ULBI memiliki daya saing yang tinggi.

"ULBI ini membentuk talent-talent digital yang mempunyai kompetensi di bidang logistik, sehingga bisa kompetitif lulusan baik di dalam maupun luar negeri karena bisnis saat ini akan efisien kalau kita beralih ke digital," katanya.

Agus mengatakan, bukan hanya prodi khusus di bidang logistik, ULBI juga mempunyai beberapa prodi lainnya seperti IT, bisnis, akutansi yang semuanya mendukung sektor logistik.

"Lulusan kami bukan hanya bekerja di sektor logistik, tapi di sektor-sektor lainnya. Fokusnya memang menunjang sektor logistik. Sangat luas lulusan ULBI bekerja di berbagai bidang," ungkapnya.

Dalam peluncuran ULBI, PT Pos Indonesia (Persero) juga menanam 27.000 pohon secara serentak di seluruh lingkungan Pos Indonesia Group.

Kegiatan bertajuk "Menanam Akhlak" ini merupakan perwujudan bakti terhadap lingkungan sekaligus komitmen menjaga nilai-nilai Akhlak oleh seluruh Insan Pos dari Sabang sampai Merauke.

"Khusus yang ditanam di kampus ULBI ini kami memilih pohon damar karena damar adalah tumbuhan asli Indonesia dan cocok dengan lingkungan di Bandung. Damar juga terkenal karena menghasilkan getah yang bermanfaat. Secara filosofis, menanam damar semoga menjadi perekat implementasi nilai-nilai Akhlak di setiap insan BUMN, khususnya Pos Indonesia Group," kata Faizal Rochmad Djoemadi menambahkan.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini