Share

Mahasiswa Unair Raih Kesempatan Magang di Jepang selama 1 Tahun

Tim Okezone, Okezone · Selasa 06 September 2022 07:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 05 65 2661166

SURABAYA - Erinda Ramadhani Massaid, mahasiswa Program Studi Kejepangan, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (Unair) mendapatkan kesempatan magang di Jepang.

Menurutnya, magang di luar negeri menjadi kesempatan yang didambakan oleh para mahasiswa karena dapat membantu meningkatkan keterampilan, wawasan, dan juga pengalaman.

Erinda menjadi satu di antara tiga mahasiswa Program Studi Kejepangan Unair yang berhasil lolos dalam seleksi program magang di Hokkaido, Jepang.

Mengutip dari laman resmi Unair, ia menjelaskan bahwa program magang yang ia ikuti nantinya bertempat di Hotel Shirogane, Hokkaido, Jepang dan dilaksanakan dalam periode satu tahun terhitung sejak September 2022.

Erinda juga bercerita bahwa ia mengikuti beberapa tahapan seleksi sebelum akhirnya dinyatakan lolos.

“Tahap pertama mengirim Curriculum Vitae (CV) kepada pihak penyelenggara dari Jepang melalui internal kampus. Tahap selanjutnya yaitu mengikuti tes wawancara melalui zoom meeting dengan pihak Hotel Shirogane dengan menggunakan bahasa Jepang. Lalu pengumuman hasil seleksi tes,” jelasnya.

Meskipun Erinda dapat melewati seluruh tahapan seleksi, tetapi ia mengaku bahwa ada hal-hal yang menantang yang harus ia lalui, terutama dalam tahapan wawancara.

“Bagi saya, dalam tes ini yang sedikit menantang adalah saat wawancara dengan pihak Jepang, di mana saya harus mengerti dan menjawab pertanyaan secara langsung dengan bahasa Jepang secara tepat dan cepat,” terangnya.

Bagi Erinda, mengikuti program magang di Jepang tentu bukan tanpa alasan. Keinginan untuk menapaki Negeri Sakura itu telah ada sejak ia masih duduk di bangku SMA.

Selain itu, Erinda juga mengaku bahwa dengan kesempatan magang di Jepang, ia berharap dapat mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajarinya di Fakultas Ilmu Budaya, Unair.

“Dengan adanya kesempatan magang di Jepang ini menurut saya adalah salah satu cara agar skill dan ilmu yang selama ini saya pelajari di Unair dapat diterapkan secara langsung. Dan juga, dengan kegiatan magang ini akan menambah wawasan dan pengalaman kita dalam dunia kerja di Jepang, dengan mempelajari secara langsung budaya dan etos kerja orang Jepang yang sangat terkenal di dunia,” tutur Erinda.

Erinda berpesan pada para mahasiswa yang ingin mengikuti jejaknya magang di Jepang agar terus semangat dan rajin mencari informasi.

Dengan demikian, kesempatan mahasiswa untuk dapat mengikuti program magang di luar negeri akan terbuka lebar.

Sebagai tambahan, setidaknya terdapat dua mahasiswa Program Studi Kejepangan UNAIR yang juga lolos dalam program magang di Hokkaido.

Mereka adalah Puteri Anggraini Kurniawan dan Anselmus Mika Putera yang telah lebih dahulu berada di Jepang.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini