Share

10 Kampus Paling Bergengsi di Dunia untuk Jurusan IT, Ada yang Menjadi Impianmu?

Stefani Ira Pratiwi, Litbang Okezone · Minggu 28 Agustus 2022 07:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 27 65 2655780 10-kampus-paling-bergengsi-di-dunia-untuk-jurusan-it-ada-yang-menjadi-impianmu-5gDT43uCek.jpg 10 kampus bergengsi di dunia untuk jurusan IT/Reuters

JAKARTA - Di era digital, lulusan jurusan informasi dan teknologi sangatlah dibutuhkan dalam dunia industri.

Adapun peran yang diharapkan dari lulusan jurusan IT adalah berkaitan dengan pemanfaatan komputer dan pengelolaan serta analisis data bervolume besar.

Produk nyata mahasiswa jurusan IT yang kini populer digunakan dalam kehidupan sehari-hari di antaranya adalah Google, Yahoo, Microsoft, dan Facebook.

Kini teknologi tersebut digunakan sebagian besar manusia di berbagai belahan dunia untuk mempermudah kehidupan mereka dari sisi komunikasi dan informasi.

Pendiri-pendiri teknologi itu berasal dari kampus bergengsi dunia.

Melansir dari riset QS World University Ranking by Subject 2022: Computer Science and Information Systems, terdapat nama-nama kampus bergengsi di dunia yang diperingkatkan berdasarkan reputasi akademik, reputasi pemberi kerja, dan dampak penelitian.

Nama-nama kampus yang berada di peringkat teratas merupakan kampus yang melahirkan lulusan nama-nama besar di dunia teknologi komputer dan informasi.

Berikut merupakan 10 kampus bergengsi yang juga menempati peringkat tertinggi sebagai kampus dengan jurusan IT terbaik sedunia.

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Selama beberapa tahun belakangan, MIT secara konsisten mempertahankan posisi pertama sebagai kampus dengan jurusan IT terbaik di dunia.

Kampus ini berhasil memperoleh total skor penilaian sebesar 94,1 dari 100. Lokasi dari kampus ini berada di Cambridge, Amerika Serikat.

Kampus ini berhasil meluluskan tokoh-tokoh industri teknologi. Di antaranya adalah pendiri situs pengukur lalu lintas situs web Alexa (Brewster Kahle), pendiri serta direktur eksekutif Dropbox (Drew Houston), penemu Ethernet (Robert Metcalfe), salah satu pendiri Intel (Robert Noyce), dan salah satu pendiri Hewlett (Packard William R. Hewlett).

2. Stanford University

Terletak di Stanford, Amerika Serikat, Stanford University berhasil menempati posisi kedua sebagai kampus dengan jurusan IT terbaik di dunia dengan perolehan total skor sebesar 93,7. Kampus ini berhasil melahirkan pesohor-pesohor dalam dunia IT.

Di antaranya adalah bapak internet (Vinton Gray Cerf), pendiri Yahoo (Jerry Yang), pendiri Google (Larry Page dan Sergey Brin), penemu Mozilla Firefox (Blake Ross), pendiri Instagram (Kevin Systrom dan Mike Krieger), pendiri Hewlett (Packard William R. Hewlet dan David Packard), serta CEO Yahoo (Marissa Ann Mayer).

3. Carnegie Mellon University

Hanya memiliki selisih skor sebesar 0,6 dengan Stanford, Carnegie Mellon University menempati posisi ketiga dengan perolehan skor sebesar 93,1. Kampus ini terletak di Pittsburgh, Amerika Serikat.

Kampus ini merupakan kampus bergengsi dunia. Salah satu pendiri perusahaan raksasa perangkat lunak multinasional Adobe, Charles Geschke pernah menempuh pendidikan di kampus ini.

Charles Geschke mengenyam pendidikan di bidang komputer di kampus ini. Selain itu, pimpinan Sun Microsystems, pimpinan Microsoft, serta pencipta emoticon juga pernah menempuh pendidikan di sini.

4. University of California, Berkeley (UCB)

University of California yang juga dikenal dengan sebutan UCB merupakan nama kampus lainnya yang masuk dalam jajaran kampus dengan jurusan IT terbaik di dunia. Adapun raihan skor yang diperoleh kampus ini mencapai angka 90,3 dari 100.

Seorang pengusaha teknologi Apple, Steve Wozniak, menempuh pendidikan di kampus ini.

Selain itu, pendiri Intel (Gordon Earle Moore), pimpinan serta mantan Direktur Eksekutif Mozilla Corporation (Mitchell Baker), dan Direktur Eksekutif Intel (Paul Otellini) juga menamatkan pendidikannya di UCB.

5. University of Oxford

Oxford merupakan kampus tertua di Inggris. Sebagai kampus tertua, kampus ini memiliki memiliki jaringan alumni lebih dari 250.000 individu.

Selain itu kampus ini meraih lebih dari 120 peraih medali Olimpiade, 26 pemenang Hadiah Nobel, tujuh penyair, dan lebih dari 30 pemimpin dunia modern (termasuk Bill Clinton, Aung San Suu Kyi, Indira Ghandi, dan 26 Perdana Menteri Inggris).

Khusus untuk jurusan IT, kampus ini menempati posisi kelima terbaik di dunia. Menurut QS World University Ranking perolehan skor total yang didapatkan kampus ini adalah sebesar 89 dari 100.

6. National University of Singapore (NUS)

Menjadi satu-satunya kampus yang berlokasi di Asia Tenggara, NUS berhasil menempati posisi keenam sebagai kampus dengan jurusan IT terbaik di dunia.

Adapun perolehan skor yang didapatkan hanya selisih 0,6 dari Oxford.

Kampus ini memiliki reputasi akademik yang baik. Menurut data QS, skor dalam kategori reputasi akademik NUS mencapai angka 99,5.

7. Harvard University

Nama Harvard University pastinya sudah tidak asing di telinga kita. Dalam jagat teknologi, kampus ini berhasil melahirkan lulusan-lulusan terbaiknya.

Sebut saja salah satu Direktur Eksekutif Microsoft, Steve Ballmer. Ia sempat menempuh pendidikan di Harvard.

Selain Ballmer, Bill Gates (Pendiri Microsoft) dan Mark Zuckerberg (Pendiri Facebook) juga sempat menempuh pendidikan di sini meskipun tidak sampai lulus.

Tercatat dari survei yang dilakukan QS, kampus ini menempati posisi ke-7 dengan perolehan skor 88,1.

8. University of Cambridge

Sebagai salah satu kampus yang juga terletak di kota Cambridge selain Harvard University, University of Cambridge juga berhasil masuk dalam jajaran top 10 kampus dengan jurusan IT terbaik di dunia.

Skornya mencapai 87,6. Selama menyelenggarakan pendidikan jurusan IT, kampus ini sudah berhasil meluluskan pesohor di bidang teknologi.

Salah satunya adalah pengembang komputer modern digital pertama, Alan Mathison Turing.

9. ETH Zurich - Swiss Federal Institute of Technology

ETH Zurich adalah salah satu universitas negeri terbaik di Zürich, Swiss. Secara umum, kampus ini menempati peringkat ke-9 di QS World University Rankings 2023.

Sedangkan khusus untuk jurusan IT, kampus ini menempati posisi ke-9 sebagai kampus terbaik di dunia dengan skor sebesar 86,8.

Kampus ini termasuk salah satu universitas terkemuka di dunia dalam sains dan teknologi dan dikenal dengan penelitian dan inovasi mutakhirnya.

Didirikan pada tahun 1855 sebagai Sekolah Politeknik Federal Swiss, kampus ini berhasil memperoleh 21 pemenang Nobel, 2 peraih Medali Bidang, 3 pemenang Hadiah Pritzker, dan 1 pemenang Penghargaan Turing sebagai alumni dalam satu setengah abad lama berdirinya.

10. EPFL

École Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL) atau Institut Teknologi Konfederasi Swiss di Lausanne dapat menampung total mahasiswa sebesar 10.919.

Sebagai salah satu kampus paling bergengsi di dunia, secara umum kampus ini menempati peringkat ke-13 di QS World University Rankings 2023.

Sedangkan khusus untuk jurusan IT, kampus ini menempati posisi ke 10 dengan perolehan skor sebesar 85,3.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini