Share

Baznas Cover Tunggakan Kuliah 35 Mahasiswa Penerima Beasiswa dari Pemda KBB

Adi Haryanto, Koran Sindo · Kamis 18 Agustus 2022 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 65 2649898 baznas-cover-tunggakan-kuliah-35-mahasiswa-penerima-beasiswa-dari-pemda-kbb-cYtHbwTlU8.jpg Ketua Badan Amil Zakat (Baznas) KBB, Iing Nurdin/Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Nasib mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung penerima beasiswa dari Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) akhirnya menemui titik terang.

Solusi hadir setelah Badan Amil Zakat (Baznas) KBB, memutuskan akan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) 35 mahasiswa PGMI UIN Sunan Gunung Djati Bandung dari asalnya 50 mahasiswa yang diberi beasiswa Pemda KBB.

"Kita bayarkan UKT untuk semester 1, 2, dan 3 yang belum dibayar oleh Pemda KBB, karena memang di Baznas ada juga program beasiswa bagi mahasiswa tak mampu namun berprestasi," kata Ketua Baznas KBB Iing Nurdin, Rabu (17/8/2022).

Sebelumnya nasib 35 mahasiswa asal KBB itu sempat terkatung-katung karena tidak bisa membayar uang kuliah.

Mereka pun sudah setahun dicutikan oleh pihak kampus dengan alasan mereka masih menunggak pembayaran UKT selama tiga semester.

Iing menyebutkan, Baznas KBB hanya menanggulangi tunggakan untuk tiga semester saja yang belum dibayar.

Nominal biaya tiap semesternya per mahasiswa mencapai sebesar Rp2,7 juta. Sehingga jika dikalkulasikan dengan total 35 mahasiswa anggarannya cukup besar.

Namun sebelum Baznas KBB membayar UKT, lanjut dia, terlebih dahulu melihat prestasi akademik para mahasiswa tersebut.

Hal itu untuk memastikan jika mereka adalah memang mahasiswa yang memiliki prestasi akademik cukup bagus di kampusnya.

"Mereka memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) di atas tiga, sehingga layak dan memenuhi syarat untuk menerima beasiswa," sambungnya.

Sementara terkait untuk biaya semester berikutnya, Iing mendapatkan informasi jika pihak Pemda KBB akan menanggung kembali biaya UKT penerima bea siswa tersebut.

Sehingga untuk berikutnya Baznas tidak akan lagi menggelontorkan bantuan karena tidak boleh duplikasi.

"Saya dapat informasi dari Bagian Kesra KBB, di tahun 2023 biaya UKT para mahasiswa itu sudah dapat dibayarkan oleh pemerintah daerah," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini