Share

Mau Mengambil Karya di Internet? Hati-Hati karena Bisa Dipidana

Adi Sekararum Destiani, Presma · Kamis 18 Agustus 2022 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 624 2649957 mau-mengambil-karya-di-internet-hati-hati-karena-bisa-dipidana-OT2Jqs9iiy.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Dunia sudah semakin maju dengan pertumbuhan media digital. Mulai dari elektonik sampai jaringan internet. Untuk menemukan informasi terkini sangatlah mudah.

Hanya melalui telepon genggam sudah bisa kita lakukan. Tetapi hal ini masih disalahgunakan untuk hal-hal negatif, yang secara tidak langsung bisa merugikan orang lain.

Untuk mencari referensi dalam membuat suatu karya diperbolehkan tetapi untuk menjiplak sangatlah tidak diperbolehkan. Mengapa demikian? Mari kita bahas di bawah ini

Pelanggaran hak cipta melalui digital internet. Karya yang biasa dilanggar hak cipta seperti musik, film, software, database, karya sastra, buku, ilmu pengetahuan, gambar atau fotografi dan lain-lain.

Sering sekali kita mendengar berita-berita yang terkait hak cipta. Hal yang terjadi bentuk pelanggaran yaitu penggandaan ciptaan, pendistribusian dan membuat salinan ciptaan.

Adapun bentuk penyalinan karya yaitu mencetak, fotokopi, memindai, download dari internet, mengunggah ke jaringan internet, penyalinan digital seperti CD dan DVD, penyimpanan elektronik di database.

Hal ini pasti mempunyai dampak positif dan negatif saat karya sudah diunggah di internet.

Yaitu dampak positifnya tersedianya berbagai ciptaan dalam bentuk digital buku, musik, film, CD,DVD,VCD,MP3,MP4, mudahnya mengubah dan menggabungkan ciptaan menjadi suatu karya yang baru, mudahnya melakukan perbajakan ciptaan dan mudahnya proses penyebaran ciptaan melalui internet.

Adapun dampak negatifnya, mudahnya melakukan perbanyakan karya cipta tanpa seizin pencipta, sulitnya melacak pelanggar pembajakan karya cipta di internet, pelanggaran hak ekonomi dan hak moral para pencipta dan merusak industri karya hak cipta.

Aktivitas yang biasa dilakukan di internet saat pembajakan di antaranya news group atau kelompok diskusi dan peredaran software illegal, internet chat, mail order atau auction sites bisa disebut pemesanan barang-barang bajakan melalui internet, file transfer protocol yaitu file komputer yang memungkinkan komputer satu dengan yang lainnya saling tukar menukar dokumen atau kita sering menyebutnya mengcopy, circumvention information yaitu tempat penyimpanan software bajakan dan memberikan bantuan teknik mengenai kode dan serial number, site link yaitu link khusus yang terkait dengan website tertentu dan elite activities yaitu kelompok khusus yang disebut ahli pembajakan.

Negara kita adalah negara hukum. Setiap pelanggaran suatu aktivitas ada peraturan dan hukuman bagi yang melanggar.

Ketentuan pidana hak cipta. Ketentuan Pasal 95 ayat 4 UU No.28 th.2014: “Selain pelanggaran Hak Cipta dan Hak Terkait dalam bentuk Pembajakan, sepanjang para pihak yang bersengketa diketahui keberadaannya dan berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus menempuh terlebih dahulu penyelesaian sengketa melalui mediasi sebelum melakukan tuntutan pidana”.

Dan ada ketentuan Undang-undang tentang Hak Cipta terkait pemblokiran situs di Internet yang menyediakan konten hasil pelanggaran hak cipta .

Peraturan Bersama Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Dan Menteri Komunikasi Dan Informatika Nomor 14 Tahun2015 Nomor 26 Tahun 2015.

Tentang pelaksanaan penutupan konten dan hak akses pengguna pelanggaran hak cipta dan hak terkait dalam sistem elektronik.

Jadi harus hati-hati ya sahabat. Karena kita harus menghargai suatu karya orang lain. Membuat karya tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan.

Mencari refensi literasi boleh saja asal tidak menjiplak atau mnggandakannya dalam bentuk apapun. Berkaryalah seindah mungkin, Jadikan karyamu untuk membangun bangsa.


Adi Sekararum Destiani
Persma Ketik Polimedia
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

Adi Sekararum Destiani

Persma Ketik Polimedia

Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini