Share

Gaya Renang yang Hampir Sama dengan Gerakan Kaki Katak, Cocok untuk Pemula

Adi Sekararum Destiani, Presma · Kamis 18 Agustus 2022 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 624 2649911 gaya-renang-yang-hampir-sama-dengan-gerakan-kaki-katak-cocok-untuk-pemula-bLYyG7dOdm.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Gaya renang yang hampir sama dengan gerakan kaki katak yaitu gerakan gaya dada. Gaya dada merupakan salah satu teknik gaya renang.

Gaya dada mempunyai istilah populer yaitu gaya katak, karena gerakannya menyerupai gerakan kaki katak.

Bagi pemula yang hendak belajar berenang pasti hal yang pertama diajarkan yaitu gerakan kaki katak atau gaya dada. Karena ini teknik yang efektif untuk belajar memperkirakan menyelam jarak jauh.

Posisi tubuh saat berenang untuk gaya kaki katak ialah menghadap ke air (telungkup), mengapung, merentang lurus dengan posisi tubuh sejajar dengan air (horizontal).

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam gerakan kaki katak atau gaya dada yaitu teknik meluncur, gerakan kaki dan gerakan lengan, dan pernafasan.

Cara mempraktikan teknik meluncur ialah dengan menempelkan badan dan 1 kaki di pinggir kolam renang, pastikan tubuh sudah relax dan siap meluncur dengan posisi tangan yang sudah lurus ke depan.

Gerakan kaki caranya dengan menekuk kedua kaki lalu menendang ke arah samping lalu rapatkan.

Untuk gerakan lengan, posisi tangan berada lurus ke depan kemudian lakukan gerakan tarikan telapak tangan membentuk lingkaran bersama gerakan bahu, pastikan kepala berada tetap di atas permukaan air.

Perhatikan cara pengambilan napas, hanya dapat diambil dalam 1 gerakan saja. Usahakan tidak mengambil napas melalui hidung untuk mencegah masuknya air.

Cara mudahnya dengan mengangkat kepala (wajah dan mulut) keluar dari permukaan air. Gerakan ini bisa dilakukan secara refleks oleh pemula yang belajar berenang.

Lalu pengambilan napas harus dilakukan dengan baik dan benar, jika salah bisa tersedak sehingga mengganggu proses pernapasan pada tubuh.

Itulah informasi yang telah dirangkum tentang gaya renang yang hampir sama dengan gerakan kaki katak dan pastinya cocok untuk pemula yang hendak belajar berenang.

Dibutuhkan keberanian untuk berada di dalam air, dan pastikan selalu dibimbing dan diawasi dengan orang yang sudah berpengalaman. Tetaplah sehat dengan melakukan berbagai jenis olahraga.

Adi Sekararum Destiani, Persma Ketik Polimedia, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini