Share

Perkembangan Teknologi Informasi Berkembang Pesat, Menteri Nadiem: Butuh Talenta Cerdas Kreatif

Inin Nastain, Koran Sindo · Selasa 09 Agustus 2022 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 65 2644727 perkembangan-teknologi-informasi-berkembang-pesat-menteri-nadiem-butuh-talenta-cerdas-kreatif-erOndleWOr.jpg Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim/Okezone

JAKARTA - Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan, perkembangan teknologi informasi di masa yang akan datang dipastikan akan jauh lebih cepat. Indonesia, butuh generasi muda yang bisa menjawab kondisi tersebut, sehingga bisa berbuat lebih banyak.

"Bahwa di masa depan, tekhnologi informasi akan berkembang dan berekspansi dengan jauh lebih cepat dan lebih masif. Sehingga kita membutuhkan talenta-talenta digital yang cerdas , kreatif, dan mampu berkolaborasi dengan semangat kebhinekaan," kata Nadhiem, saat membuka acara International Olympiad in Informatic (IOI) di Kampus ISI Jogyakarta, Selasa (9/8/2022).

Talenta-talenta digital tersebut, jelas dia, saat ini menjadi prioritas dari Kementerian yang dipimpinnya. Lewat Program Merdeka Belajar, Kemendikbud Ristek berupaya untuk mendorong talenta-talenta yang mampu berkolaborasi.

"Tujuan itu sekarang jadi prioritas merdeka belajar yang sedang kami upayakan melalui pusat prestasi Nasional ( puspresnas), unit dalam Kemendikbud yang berfokus untuk memfasilitasi manajemen talenta," jelas Nadhiem.

"Sekarang kami tidak hanya mendorong pelajar untuk menunjukkan prestasinya , tetapi juga mendapatkan apresiasi yang lebih luas. Terkoneksi dengan jaringan-jaringan talenta lain. Sehingga anak-anak Indonesia bisa terus berkarya dan berprestasi," lanjut dia.

Hingga saat ini, jelas dia, sudah ada lebih dari 50 juta pelajar di seluruh Indonesia dalam jaringan Kemendikbud Ristek, yang siap berkompetisi di berbagai disiplin. "Berkompetisi sesuai dengan minat. Kuncinya itu, sesuai dengan minatnya. Di bidang Sains, Seni Budaya, Kewirausahaan, olahraga, yang delapan di antaranya ikut berkompetisi dalam IOI ke 34 kali ini," beber dia.

"Setelah berkompetisi, bangunlah kolaborasi, jalin persahabatan lintas negara dan budaya untuk bergotong royong membangun dunia kita," lanjut Menteri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini