Share

Membanggakan! Mahasiswa UNS Raih Juara 2 Film Dokumenter di Universitas Udayana Bali

Tim Okezone, Okezone · Rabu 03 Agustus 2022 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 03 65 2641152 membanggakan-mahasiswa-uns-raih-juara-2-film-dokumenter-di-universitas-udayana-bali-cVgFpSwzDK.jpeg Mahasiswa UNS raih juara 2 film dokumenter di Universitas Udayana Bali/Istimewa

SOLO - Prestasi membanggakan di tingkat nasional kembali dipersembahkan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Kali ini, prestasi tersebut dipersembahkan oleh lima mahasiswa dari Program Studi S-1 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS dengan nama production Afterglow Pictures yang berhasil meraih juara 2 Film Dokumenter Kategori Mahasiswa dalam Udayana Film Festival.

Kelima mahasiswa tersebut yakni Aisyah Fithrotulhaq, Berlinrafa Nabila Kisworo, Ilman Abdurahman, Renata Listya Kusuma Wangi, dan Syahrul Romadhon.

Aisyah menyampaikan bahwa film dokumenter yang dilombakan tersebut berjudul ‘Cengkerama’ yang dilatarbelakangi oleh ketertarikan akan perkembangan kedai kopi dan fenomena bahwa kopi semakin bisa dinikmati oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.

“Kopi juga identik dinikmati ketika melepas penat atau jadi penyemangat saat berkegiatan, terlebih ketika sedang berinteraksi dan bercengkerama. Jadi produksi kami berangkat dari gimana hubungan antara kebiasaan ngopi dengan bercengkerama,” ujarnya.

Selain itu, Aisyah juga menyampaikan proses produksi film dokumenter tersebut tidak mudah.

Banyak kendala yang harus dihadapi oleh tim produksinya, mulai dari keterbatasan waktu yang dimiliki, kurangnya pencahayaan karena proses syuting yang dilakukan malam hari menyesuaikan jam buka Srawung Omah Kopi sebagai lokasi syuting, banyaknya footage, dan perlu memperbaiki audio wawancara.

“Sempat semua file di salah satu kamera itu corrupt dan akhirnya ngulang ambil footage. Tapi senangnya bisa jalan-jalan, terus diterima baik, dan dapat banyak ilmu dari perbincangan sama yang punya atau jaga kedai kopinya. Jadi selama proses produksi semua narasumber menyambut dengan hangat,” jelas Aisyah.

Aisyah mengaku tidak menyangka tim produksinya berhasil meraih juara 2 dari lomba yang diselenggarakan oleh Departemen Minat dan Bakat BEM Universitas Udayana Bali tersebut, pasalnya terdapat 365 karya dari seluruh kategori dengan jumlah 258 peserta.

“Dari waktu masuk finalis, kaget dan senang karena dua karya dokumenter dari Ilmu Komunikasi 2019 UNS juga jadi finalis. Terus waktu jadi juara 2, benar-benar bersyukur dan gak menyangka,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Aisyah dan tim produksinya berharap semoga film dokumenter Cengkerama miliknya bisa memberikan pandangan bahwa hal-hal kecil di sekitar itu punya peran penting dalam menunjang keseharian.

“Hadirnya kebiasaan bercengkerama juga merupakan hal yang kuat untuk tetap menyadarkan bahwa kita itu tidak sendirian, antar manusia akan terus saling berbagi dan membutuhkan. Jadi banyak momen yang harus dimaknai,” ucap Aisyah.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini