Share

Perbedaan Healing dan Refreshing yang Sering Disalahartikan, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Natalia Bulan, Okezone · Selasa 02 Agustus 2022 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 624 2640622 perbedaan-healing-dan-refreshing-yang-sering-disalahartikan-ini-penjelasan-ilmiahnya-q3IRBLVktN.jpg Ilustrasi/Freepik

JAKARTA - Berikut ini adalah perbedaan dari healinng dan refreshing yang kerap disalahartikan oleh masyarakat belakangan ini.

Pasalnya, saat ini istilah healing sedang ramai digunakan oleh banyak orang untuk mengingat pentingnya kesehatan mental.

Namun sayangnya sekarang istilah healing yang merujuk pada kesehatan mental malah bergeser ke arti yang berbeda dan merujuk pada refreshing.

Padahal kedua istilah ini memiliki arti yang sangat berbeda. Apa perbedaan keduanya, yuk simak arti kedua istilah ini selengkapnya di sini!

1. Arti healing

 

Dikutip dari Medical Dictionary, healing adalah proses pemulihan kesehatan atau pemulihan struktur dan fungsi jaringan yang cedera atau sakit.

Healing adalah proses membantu seseorang kembali sehat oleh penyedia layanan kesehatan serta persepsi otentik tentang pengalaman penyakit pada orang tertentu adalah dasar yang esensial.

Healing juga adalah pemulihan ke kondisi mental atau fisik yang normal. Khususnya dari peradangan atau luka.

Penyembuhan jaringan biasanya terjadi pada tahap yang dapat diprediksi.

Sementara dalam psikologis sendiri, healing adalah proses positif, aktif, dan multi dimensi yang diekspresikan oleh individu yang diajak untuk menyembuhkan diri dari pengalaman pribadi, mengatasi penderitaannya, dan mengubahnya menjadi suatu kebutuhan.

Biasanya individu akan diajak mengunjungi luka dan menghadapi kondisi mental yang sakit.

Proses healing memakan waktu yang lama karena harus mengolah banyak perasaan seperti sedih, marah, serta emosi negatif lainnya.

Hal ini dibutuhkan sikap secara sadar untuk berdamai dengan keadaan.

Healing memiliki manfaat seperti kembalinya rasa nyaman, aman, dan sejahtera yang dulu mungkin sempat hilang karena keadaan mental yang kurang baik.

Selain itu, kondisi mental dan manajemen stres pun menjadi lebih baik dan menunjang kondisi fisik yang lebih sehat.

2. Arti refreshing

 

Sementara untuk istilah refreshing yang merupakan bahasa Inggris ini artinya adalah, kekuatan memulihkan kesegaran, vitalitas, dan energi.

Refreshing sendiri adalah kegiatan yang mampu memulihkan energi dan kesegaran seseorang dengan waktu yang singkat dan kegiatan yang begitu beragam.

Manfaat refreshing pun juga banyak seperti bisa membuat diri sendiri bahagia dan terhindar dari depresi.

Refreshing juga bisa dilakukan dengan melakukan hobi atau hanya sekadar bertemu dengan teman atau keluarga untuk saling berbagi pengalaman dan cerita.

Jadi itulah perbedaan dari healing dan refreshing yang harus dipahami dan jangan sampai disalah artikan lagi, ya!

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini