Share

ITS Resmikan Prodi S2 Magister Desain Interior, Jadi yang Pertama di Indonesia

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 01 Juli 2022 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 65 2622035 its-resmikan-prodi-s2-magister-desain-interior-jadi-yang-pertama-di-indonesia-AdsyPaOJ7d.jpg ITS resmikan prodi S2 Magister Desain Interior/Dok. ITS

SURABAYA - Sebagai salah satu kampus yang progresif, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali menunjukkan keseriusannya dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Kali ini, Departemen Desain Interior ITS secara resmi menghadirkan Program Studi (Prodi) S2 Magister Desain Interior, menjadi yang pertama di Indonesia untuk menunjang karier para desainer hingga akademisi desain.

Dikutip dari laman resmi ITS, Kepala Prodi Pascasarjana Desain Interior ITS Dr Firman Hawari SSn MDs mengatakan, prodi tersebut diciptakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam analisis, manajemen, hingga estetika desain interior.

Ia menambahkan bahwa prodi ini telah menjadi pelopor Prodi Magister Desain Interior di Indonesia.

“Tujuan prodi ini tentu berkiblat pada Buku Panduan Proyek Desain Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2020,” terangnya.

Firman menjelaskan, prodi tersebut akan berfokus dalam mengasah empat keilmuan desain interior, yakni inovasi manajemen desain, sains dan teknologi interior, psikologi interior, serta sosial budaya dan estetika.

“Dengan ilmu tersebut, mahasiswa S2 nanti akan memiliki kemampuan untuk menyinergikan setiap jenjang kompetensi pada profesi mereka masing-masing,” tuturnya.

Lebih lanjut, dosen Departemen Desain Interior tersebut menuturkan, prodi ini akan mengadakan sistem perkuliahan berbasis jam malam hingga tatap muka.

Ia juga membeberkan bahwa perkuliahan jarak jauh (PJJ) masih dalam tahap perancangan oleh para dosen Desain Interior ITS.

“Sistem ini kami adaptasi dari Magister Manajemen Teknologi (MMT) dengan harapan mahasiswa nanti dapat melakukan perkuliahan dengan nyaman,” ujarnya.

Dengan 36 jumlah satuan kredit semester (SKS), Magister Desain Interior ITS akan menghadirkan beberapa mata kuliah pilihan.

Yakni Desain Kontekstual, Green Design, Desain Interior Inklusi, serta Konsep dan Inovasi Interior.

“Mata kuliah tersebut tentunya akan dibimbing oleh para dosen kami yang berkompeten dan fasilitas yang memadai,” ucapnya.

Dengan diresmikannya prodi tersebut, Firman berharap bahwa Magister Desain Interior ITS akan menghasilkan alumni yang bersifat problem solver dalam hal manajerial hingga konseptual desain interior.

“Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengakses laman kami di Program Magister Departemen Desain Interior ITS,” tutupnya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini