Share

Tidak Lolos PPDB Negeri, SMA Swasta pun Jadi Buruan

Wisnu Wardhana, iNews · Jum'at 01 Juli 2022 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 624 2621996 tidak-lolos-ppdb-negeri-sma-swasta-pun-jadi-buruan-Pt9jtqDtCZ.jpg Suasana pendaftaran di SMA Kesatrian 1 Semarang/Wisnu Wardhana

SEMARANG - Jelang ditutupnya pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA dan SMK Negeri pada hari ini, sejumlah orangtua murid di Semarang mendatangi SMA swasta yang ada di kota tersebut.

Hal ini dilakukan mereka setelah mengetahui tidak diterima pada jurnal sementara PPDB Sekolah Negeri.

SMA Swasta yang mulai didatangi para orangtua murid berada di Jalan Pamularsih Kota Semarang.

Kedatangan para orangtua ini untuk mendaftarkan anaknya setelah mengetahui tidak diterima pada jurnal sementara PPDB Sekolah Negeri yang ditutup hari ini.

Meski pihak sekolah memberika fasilitas pendaftaran melalui online, namun orangtua memilih mendatangi sekolah untuk memastikan anaknya dapat diterima di SMA swasta setelah gagal di jalur PPDB.

Seorang orangtua yang anaknya belum beruntung di jalur PPDB mengaku usaha untuk mendapatkan sekolah negeri gagal setelah melalui jalur zonasi dan prestasi,

"Sebelumnya sudah mencoba di SMA 12, karena dari sistem zonasi tempat tinggal saya jauh-jauh semua, jadi sudah pasti kalah, juga mencoba di jalur prestasi belum beruntung karena kalah di nilainya," ungkap Tuti sang orangtua murid.

Untuk tahun ini SMA Kesatrian 1 Pamularsih menyediakan kuota sebanyak 324 siswa yang nantinya akan terbagi menjadi sembilan kelas. Masing-masing kelas diisi 36 siswa.

Hingga Jumat siang (1/7/2022), tercatat sudah ada 162 siswa yang resmi mendaftar atau setengah dari jumlah kuota yang disediakan pihak sekolah.

"Alhamdulillah proses PPDB khususnya di SMA Kesatrian 1 ini kami melayani dengan sepenuh hati, (untuk) kenyamanan orangtua, bisa melalui online maupun offline," ungkap Toto, Staf Edukatif Yayasan Pendidikan Kesatrian Semarang.

"Cuma kebanyakan orangtua penginnya offline, karena menyekolahkan anaknya mereka pengin tahu, sekolahnya seperti apa, kondisi, fasilitasnya seperti apa. Jadi kalau hanya melihat brosur itu rasanya tidak puas," tambahnya.

Pihak sekolah memprediksi pendaftaran akan kembali ramai setelah pengumuman penerimaan sekolah untuk PPDB tingkat SMA-SMK Negeri di Jawa Tengah ditutup hari ini dan pengumuman akan dilakukan pada tanggal 4 Juli 2022 mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini