Share

Fakta-Fakta Kuliah Double Degree, Manfaatnya Banyak Banget!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 03 Juli 2022 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 65 2621022 fakta-fakta-kuliah-double-degree-manfaatnya-banyak-banget-M0x1myCQyS.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Double degree merupakan program kuliah untuk mendapatkan dua gelar sekaligus dalam satu masa perkuliahan. Program double degree untuk gelar sarjana biasanya dilaksanakan dengan perkuliahan dua tahun pertama di universitas dalam negeri. Selanjutnya, dua tahun terakhir perkuliahan dilaksanakan di kampus luar negeri.

Sedangkan double degree untuk gelar magister diselenggarakan selama empat semester, dengan dua semester pertama di perguruan tinggi dalam negeri dan dua semester selanjutnya di perguruan tinggi luar negeri. Selain itu, program double degree ini juga dapat dilaksanakan untuk mendapatkan gelar sarjana dan magister dalam waktu yang bersamaan. Berikut fakta-fakta mengenai kuliah double degree.

Bekerja sama dengan kampus mitra luar negeri

Program double degree biasanya diselenggarakan oleh kampus yang sudah bekerja sama dengan kampus internasional. Ristekdikti menganggap program ini merupakan stimulus peningkatan mutu perguruan tinggi di Indonesia. Pelaksanaan kerja sama antara perguruan tinggi dalam negeri dengan perguruan tinggi mitra untuk program double degree ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2007.

Perguruan tinggi yang akan mengadakan program double degree harus membuat nota kesepahaman (MoU) atau Technical of Agreement (TA) dengan perguruan tinggi mitra. MoU ini mengatur kesamaan kurikulum yang akan dijalankan, jumlah mata kuliah, sistem satuan kredit transfer, format ijazah, dan rencana program yang akan dijalankan. Nota ini kemudian harus ditandatangani oleh pejabat setingkat rektor.

Membutuhkan persiapan mental sampai finansial

Tak hanya perguruan tinggi yang harus membuat banyak persiapan untuk program double degree ini, mahasiswa juga harus memperhatikan beberapa hal jika ingin mengambil program tersebut. Sebelum mengambil program double degree, calon mahasiswa harus menentukan jurusan apa yang sesuai dengan minat masing-masing.

Mengikuti program ini akan lebih berat prosesnya dibandingkan program biasa, karenanya sangat perlu mengetahui jurusan yang sesuai dengan minat. Selain itu, calon mahasiswa double degree juga harus mempersiapkan beberapa hal lain, seperti belajar mengelola waktu dengan baik sampai persiapan secara finansial.

Memiliki banyak manfaat

Program double degree memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa yang mengikutinya, seperti berkesempatan mempelajari banyak bahasa, memperluas kenalan dan jaringan, mendapat nilai lebih untuk melamar kerja, dan merasakan pengalaman baru saat belajar di luar negeri.

Diolah dari berbagai sumber:

Septi Kurnia - Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini