Share

Kamu Mahasiswa Baru? Ini Dia 3 Skills yang Perlu Kamu Miliki di Kampus

Tim Okezone, Okezone · Rabu 29 Juni 2022 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 65 2620280 kamu-mahasiswa-baru-ini-dia-3-skills-yang-perlu-kamu-miliki-di-kampus-nH6kg9Pisn.jpg Ilustrasi/Freepik

JAKARTA - Sudah mendekati tahun ajaran baru nih. Buat kamu siswa-siswi yang baru lulus SMA dan memutuskan melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, apakah sudah siap menjadi mahasiswa dan memasuki kehidupan kampus?

Sebagai mahasiswa baru tentu kamu akan merasakan banyak perubahan. Mulai dari sistem belajar yang berbeda dengan masa sekolah, tanggung jawab baru, hingga lingkungan pertemanan yang berubah.

Perubahan-perubahan ini tentu akan membingungkan pada awalnya dan bisa memicu stres.

Nah supaya kamu bisa melalui kehidupan perkuliahan dengan lebih menyenangkan dan minim stres, berikut adalah beberapa skill yang perlu kamu miliki.

Oh iya, bonusnya kamu bisa saja jadi mahasiswa berprestasi di kampus loh dengan 3 skills ini!

1. Meningkatkan kemampuan time management

Dalam perkuliahan, jam mata kuliah dan deadline tugas-tugas terlihat lebih fleksibel dibandingkan ketika kamu masih sekolah.

Beragam jenis aktivitas dan organisasi, baik di dalam ataupun di luar kampus, juga banyak ditawarkan untuk bisa kamu ikuti.

Namun, kamu jangan sampai terlena dengan ke-fleksibel-an waktu yang diberikan.

Jangan sampai karena deadline tugas yang masih lama, kamu jadi menunda-nunda menyelesaikannya (prokrastinasi).

Dengan melakukan prokrastinasi, tingkat stresmu akan meningkat seiring dengan semakin dekatnya deadline tugas itu dikumpulkan.

Bahkan bisa jadi kamu akan terlambat mengumpulkan tugas,

Selain prokrastinasi tugas, kamu juga jangan sampai terlalu banyak mengikuti aktivitas dan kegiatan.

Kamu memang tetap perlu mengikuti organisasi ataupun aktivitas lain di luar kelas untuk menambah pengalaman dan mengasah berbagai kemampuan.

Namun jika terlalu banyak dan kamu tidak memiliki time managment yang baik, kamu akan rentan mengalami burnout.

Untuk mengatur waktu, kamu perlu menentukan dulu apa tujuan dan motivasimu (goals).

Kemudian kamu dapat membuat jadwal dengan menentukan prioritas dari setiap tugas dan kegiatan, kamu bisa coba menggunakan Eisenhower Decission Matrix.

Selanjutnya adalah tahap yang mungkin terasa cukup sulit yaitu untuk berkomitmen dan disiplin dengan jadwal yang telah kamu buat.

 

2. Meningkatkan kemampuan critical thinking

Kemampuan berpikir kritis ini sangat dibutuhkan sepanjang masa kuliah, mulai dari dalam mengerjakan tugas kuliah hingga nanti saat kamu mengerjakan skripsi.

Bahkan kemampuan ini juga akan sangat diperlukan di dunia kerja lho.

Ketika masa sekolah, mungkin kamu lebih banyak mengandalkan kemampuanmu menghafalkan materi dan menerima saja materi pelajaran dari gurumu.

Namun ketika berkuliah, kamu dituntut untuk dapat memahami, menerapkan, menganalisis, menghubungkan hingga mengevaluasi setiap ilmu dan informasi yang kamu dapatkan.

Bahkan kamu juga perlu mencari sendiri informasi-informasi tambahan untuk melengkapi materi yang diberikan dosen.

Kamu perlu untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan tidak malu bertanya untuk dapat berpikir kritis.

Kamu boleh banget untuk bertanya pada dosenmu, asisten dosen, kakak tingkat atau teman sekelasmu jika memang ada hal-hal yang kurang kamu pahami.

Kalau kamu mau browsing sendiri juga boleh, namun pastikan mencari berbagai informasi dari sumber yang terpercaya ya.

Selain itu kamu perlu berpikir lebih terbuka agar dapat berpikir lebih kritis.

Jangan sampai kamu merasa bahwa kamu adalah yang paling tahu dan paling benar.

Jika memang ada perbedaan pandangan dengan temanmu, coba diskusikan bersama sambil mencari bersama kebenarannya.

 

3. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

Ketika di kampus, kamu akan bertemu dengan orang-orang yang lebih beragam. Mulai dari perbedaan daerah asal, etnis, budaya, usia, pengalaman.

Hal itu dapat memberikanmu kesempatan untuk membangun relasi dan belajar dari mereka.

Membangun relasi dan koneksi tentu akan bermanfaat selama kamu kuliah, bahkan hingga bekerja nantinya.

Kamu mungkin bisa mendapatkan informasi dan rekomendasi mengenai materi-materi kuliah, lowongan untuk bergabung dalam penelitian atau kepanitiaan, hingga tempat-tempat penting sekitar kampus seperti tempat makan yang enak dan murah bagi mahasiswa.

Cobalah untuk aktif dalam kerja kelompok, bersikap ramah pada teman-teman sekelasmu, dan juga sopan terhadap dosen ataupun orang-orang disekitar kampusmu.

Kemampuan bersosialisasi yang baik akan memudahkanmu dalam membangun hubungan yang lebih mendalam hingga membentuk support system yang positif.

Hal ini juga dapat meminimalisir kemungkinan kamu merasa kesepian dan stres selama masa kuliah.

Skill dalam time managment, critical thinking dan bersosialisasi ini sebenarnya tidak hanya berguna saat kamu di kampus. Saat nanti kamu lulus dan memasuki dunia kerja, skill ini akan tetap dibutuhkan. Skill ini perlu terus diasah agar kamu dapat terus berkembang dan menjadi lebih baik lagi.

Kalau nanti selama masa kuliah kamu merasa kesulitan beradaptasi hingga merasa stres atau burnout, kamu bisa menghubungi mentor-mentor di satupersen di sini.

Para mentor pasti akan mendengarkan keluh kesahmu dan membantumu menemukan pemecahan masalahnya.

Kamu juga bisa tonton video tentang motivasi belajar anti mager supaya kamu nggak mager mempelajari skill baru dan tetap semangat belajar saat kuliah nanti.

Semoga dengan mengetahui skill apa saja yang perlu kamu kembangkan, kamu jadi lebih siap untuk memasuki jenjang baru pendidikanmu ya. Sampai jumpa di artikel lainnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini