Share

Ciri-Ciri Pembangunan Berkelanjutan, Berkaitan Erat dengan Lingkungan Hidup

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Sabtu 25 Juni 2022 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 25 624 2618028 ciri-ciri-pembangunan-berkelanjutan-berkaitan-erat-dengan-lingkungan-hidup-MWW1NUdjrl.jpg Ilustrasi/Freepik

JAKARTA - Ciri-ciri pembangunan berkelanjutan akan dibahas pada artikel kali ini. Pembangunan berkelanjutan erat kaitannya dengan permasalahan lingkungan hidup yang saat ini banyak dialami.

Lingkungan hidup harus tetap lestari hingga masa yang akan datang. Hal ini bertujuan agar generasi mendatang tidak akan kekurangan daya dukung dari lingkungannya.

Lantas, bagaimana ciri-ciri pembangunan berkelanjutan? Simak ulasannya berikut ini.

Ciri-ciri Pembangunan Berkelanjutan

Sebelum membahas mengenai ciri-cirinya, anda harus tahu apa itu pembangunan berkelanjutan.

Pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development merupakan sebuah pembangunan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan saat ini tanpa merusak kehidupan generasi yang akan datang.

Sementara dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, pada Pasal 1 ayat 3 berbunyi “Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup adalah upaya sadar dan terencana, yang memadukan lingkungan hidup, termasuk sumber daya, ke dalam proses pembangunan untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan”.

Jadi, pembangunan berkelanjutan memiliki konsep berupa pembangunan yang memiliki batasan pada laju pemanfaatan ekosistem alam dan sumberdaya di dalamnya.

Pembangunan berkelanjutan ini memiliki beberapa ciri, yaitu:

1. Memberikan jaminan keberlangsungan hidup pada ekosistem dengan cara melestraikan fungsinya, baik secara langsung maupun tidak langsung.

2. Pemanfaat sumber daya alam dilakukan dengan teknologi yang mendukung agar tidak merusak lingkungan atau ekosistemnya.

3. Memberikan peluang bagi masyarakat untuk terus mendorong perkembangan sumber daya alam di setiap daerah.

4. Memberikan perlindungan kepada sumber daya alam yang dimaksimalkan oleh manusia.

5. Prosedur pengelolaan sumber daya alam harus dilakukan dengan memanfaatkan AMDAL.

6. Pengelolaan sumber daya alam harus slelau memperhatikan efisiensinya dalam masyarakat.

7. Melakukan pembinaan kepada seluruh lembaga sosial yang ada di dalam masyarakat terkait pengelolaan sumber daya alam.

8. Peningkatan sumber daya alam harus memiliki program yang jelas, baik dalam jangka panjang, jangka pendek, maupun jangka menengah.

Demikian informasi mengenai pengertian pembangunan berkelanjutan dan ciri-ciri pembangunan berkelanjutan. Semoga bermanfaat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini