Share

5 Universitas Terbaik di Asia Menurut QS WUR, NUS Duduki Peringkat 1

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 26 Juni 2022 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 65 2617505 5-universitas-terbaik-di-asia-menurut-qs-wur-nus-duduki-peringkat-1-nNU6jOya8P.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - World University Rankings 2023 adalah daftar universitas terbaik di dunia yang dikeluarkan oleh Quacquarelli Symonds. Pemeringkatan QS WUR 2023 ini meliputi 1.500 institusi di dunia.

Adanya daftar ini tentu menjadi pertimbangan calon mahasiswa dunia dalam memilih universitas, yang dinilai berdasarkan enam indikator penilaian. Indikator tersebut terdiri dari reputasi pegawai, akademik, jumlah fakultas dan mahasiswa, sitasi atau kutipan per fakultas, jumlah mahasiswa dan fakultas internasional.

Berikut ini daftar universitas terbaik di Asia berdasarkan QS WUR 2023.

National University of Singapore (NUS)

Salah satu universitas terbaik di Singapura ini menempati posisi pertama terbaik di Asia. Sedangkan di dunia, NUS menempati peringkat 11. Dari enam indikator yang dinilai, NUS mendapatkan skor sebanyak 92,7. Universitas tertua di Singapura ini memiliki sekitar 38.000 mahasiswa yang berasal dari Singapura dan internasional. Program studi yang ditawarkan di universitas ini sangat beragam dan menempati posisi teratas di dunia, seperti teknik sipil, teknik kimia, ilmu komputer, geografi, farmasi, dan lain sebagainya.

Peking University

Peking University merupakan universitas yang terletak di Beijing, China. Universitas ini menempati posisi ke-2 di Asia dan ke-12 di dunia berdasarkan QS WUR 2023. Peking University mendapat nilai sebesar 91,3 dari berbagai indikator yang dinilai oleh QS WUR 2023. Universitas riset ternama di China ini memiliki pilihan studi terbaik juga di dunia, seperti bahasa modern, kebijakan sosial dan administrasi, linguistik, kedokteran gigi, dan lain sebagainya. Universitas ini juga dikenal karena bangunannya yang menerapkan pola tradisional China.

Tsinghua University

Peringkat selanjutnya masih ditempati oleh universitas di China. Tsinghua University menempati posisi ke-3 terbaik di Asia dan ke-14 di dunia dengan skor sebesar 90,1. Universitas yang sudah berdiri sejak 1911 ini memiliki sekitar 46.200 mahasiswa saat ini. Pilihan program studi yang ditawarkan juga beragam, seperti teknik sipil, ilmu bahan, arsitektur, dan lain sebagainya.

Nanyang Technological University (NTU)

Nanyang Technological University menempati posisi ke-4 di Asia dan ke-19 di dunia dengan skor 88,4 dalam QS QUR 2023. Universitas yang berdiri sejak tahun 1991 ini telah berhasil menjadi universitas terbaik di Asia. Saat ini NTU memiliki sekitar 24.300 mahasiswa sarjana dan sekitar 9.000 mahasiswa pascasarjana dari berbagai negara.

The University of Hong Kong

Universitas yang terletak di Hong Kong ini menempati posisi ke-5 terbaik di Asia dan peringkat 21 dunia dengan skor 87. Universitas yang telah berdiri sejak 1911 ini sering disebut sebagai Universitas Global Asia. Terdapat sekitar lebih dari 10.000 mahasiswa dari berbagai negara yang belajar di universitas ini. Mahasiswa di sini tidak hanya diajarkan lewat buku saja, tetapi juga dalam program penemuan baru yang dibuat oleh mahasiswa itu sendiri.

Diolah dari berbagai sumber:

Septi Kurnia - Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini