Share

Pengumuman UTBK SBMPTN 2022, Peminat Program Studi Pertanian dan Pendidikan Kejuruan Menurun

Andika Shaputra, Okezone · Kamis 23 Juni 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 65 2616737 pengumuman-utbk-sbmptn-2022-peminat-program-studi-pertanian-dan-pendidikan-kejuruan-menurun-ejeTwhfG2f.jpeg Dirjen Diktiristek Kemendikbud Ristek Nizam saat konferensi pers Pengumuman Hasil SBMPTN 2022, Kamis (23/6/2022)/YouTube LTMPT

JAKARTA – Pada SBMPTN 2022, ada beberapa program studi yang kurang diminati oleh para calon mahasiswa. Program studi tersebut adalah Pertanian dan Pendidikan Kejuruan.

“Kita melihat beberapa program studi yang peminatnya agak turun, misalnya Pertanian dan Pendidikan Kejuruan,” kata Dirjen Diktiristek Kemendikbud Ristek Nizam pada konferensi pers, Kamis (23/6/2022).

Ia menjelaskan, meskipun Indonesia sudah masuk sebagai negara industri dan jasa, tetapi 40 persen masyarakat Indonesia masih bergantung pada pertanian.

Artinya, bidang pertanian ini masih sangat penting untuk dikembangkan oleh calon-calon penerus bangsa.

“Di era 4.0 ini, pertanian akan masuk kedalam pertanian modern, pertanian milenial dan pertanian 4.0, sehingga ketahanan pangan kita semakin kuat,” jelas Nizam.

Selain itu, Nizam juga menyampaikan bahwa teman-teman di vokasi kesulitan untuk mencari guru-guru SMK.

Hal itu disebabkan karena sedikit minat dari calon mahasiswa yang mengambil program studi bidang Pendidikan Kejuruan.

Nizam menghimbau para calon mahasiswa untuk mempertimbangkan Pendidikan Kejuruan sebagai program studi pilihan.

“Karena sedikit minat dari calon mahasiswa yang mengambil bidang Pendidikan Kejuruan, jadi mohon ini dijadikan pertimbangan sebagai pilihan bagi adik-adik calon mahasiswa,” kata Nizam.

Ia juga menyampaikan bahwa program studi yang popular tidak selalu berhasil di masa depan dibandingkan program studi yang tidak begitu popular.

“Karena tidak selalu program studi yang popular itu lebih berhasil di masa depan daripada program studi yang mnungkin tidak terlalu popular, tetapi justru masa depannya bisa jauh lebih hebat dibandingkan prodi-prodi yang popular,” tegas Nizam

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini