Share

Cara Daftar Ujian Seleksi Mandiri ITB 2022, Simak Syarat dan Prosedur Lengkapnya

Natalia Bulan, Okezone · Kamis 09 Juni 2022 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 65 2608442 cara-daftar-ujian-seleksi-mandiri-itb-2022-simak-syarat-dan-prosedur-lengkapnya-BVksgJ1YgE.jpg Cara daftar Seleksi Mandiri ITB 2022/Dok. ITB

JAKARTA - Berikut ini adalah cara daftar ujian Seleksi Mandiri ITB 2022. Simak baik-baik prosedurnya.

Seleksi Mandiri Institut Teknologi Bandung (ITB) dulunya dikenal dengan sebutan USM ITB atau Ujian Seleksi Mandiri, namun kini berubah menjadi Seleksi Mandiri atau SM.

ITB pun juga sudah membuka pendaftaran Seleksi Mandiri yang bisa dicek di laman resmi.

Dikutip dari Zenius jalur seleksi mandiri ITB 2022 ini adalah jalur penerimaan program sarjana yang akan dijalankan tanpa adanya subsidi biaya.

Meski begitu, ITB juga akan menerima mahasiswa kurang mampu dan memiliki Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) atau memiliki kemampuan setara dnegan kriteria yang tertera di syarat KIP.

Ayo simak informasi lengkap pendaftaran Seleksi Mandiri ITB 2022 di bawah ini!

 

Syarat Pendaftaran SM ITB 2022

1. Berasal dari SMA/MA jurusan IPA/IPS atau lulusan Paket C jurusan IPA/IPS dan memiliki nilai rapor lengkap semester 1 sampai dengan 6.

2. Wajib punya Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

3. Wajib punya dan mengunggah nilai rapor lengkap semester 1 sampai dengan 6.

4. Wajib punya nilai UTBK SBMPTN 2022.

5. Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN atau seleksi program Kelas Internasional ITB tahun 2022.

6. Khusus untuk pendaftar ke FSRD, mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa.

7. Lulusan tahun 2020 dan 2021 dapat mendaftar asalkan memiliki nilai UTBK SBMPTN 2022.

8. Tidak buta warna, baik total maupun parsial, terutama bagi yang berminat masuk ke program SITH-Program Sains, SITH-Program Rekayasa, Farmasi, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Program Studi Kimia, Program Studi Teknik Geologi, Program Studi Teknik Kimia.

Cara Mendaftar SM ITB 2022

1. Pendaftaran online di laman https://admission.itb.ac.id/

2. Mendaftarkan diri dengan menggunakan Nama lengkap (sesuai Akta Kelahiran), Tanggal Lahir (sesuai Akta Kelahiran), NISN, NPSN, serta alamat e-mail yang aktif.

(a) Penulisan NISN, NPSN, dan nomor peserta UTBK SBMPTN 2022 yang diisikan ke laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2022 harus sesuai dengan penulisan yang terdapat di akun LTMPT peserta.

(b) ITB akan menyampaikan nomor peserta SM ITB 2022 dan password ke alamat e-mail masing-masing calon peserta.

(c) Masing-masing calon peserta hanya diperkenankan memiliki 1 account pendaftaran SM-ITB 2022).

3. Mengisikan data pribadi dan data asal sekolah, sesuai dengan keadaan sebenarnya.

4. Mengisikan nilai rapor dan mengunggah hasil scan rapor asli (bukan fotokopi yang dilegalisasi) semester 1 s.d. semester 6.

Nilai rapor yang diisikan dan diunggah adalah nilai pengetahuan/kognitif, pada skala 100. Hasil scan rapor semester 1 s.d. semester 6. diunggah dalam 1 file format pdf, dengan ukuran maksimum 5 Mb.

Bila terdapat lebih dari 1 nilai Matematika atau lebih dari 1 nilai Bahasa Inggris dalam semester yang sama, silakan gunakan nilai mata pelajaran wajib.

5. Mengisikan nomor peserta UTBK SBMPTN 2022. SM ITB akan meminta nilai UTBK SBMPTN 2022 peserta yang bersangkutan secara langsung dari LTMPT. Pastikan bahwa NISN, NPSN, dan nomor peserta UTBK SBMPTN 2022 yang diisikan ke laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB telah sesuai dengan penulisan yang terdapat di akun LTMPT peserta.

(a) Peserta mengisikan nomor peserta UTBK SBMPTN 2022 tanpa tanda baca.

(b) Peserta mengunggah Kartu Peserta UTBK SBMPTN 202w terbaru.

(c) Melakukan pemilihan Fakultas/Sekolah/Program Studi yang dituju di ITB, sesuai dengan jurusan asal sekolah dan kelompok UTBK SBMPTN 2022. Calon peserta dapat memilih maksimum 2 pilihan Program Studi pada pelaksanaan SM-ITB 2022.

6. Peserta SM-ITB 2022 langsung memilih program studi yang dituju, bukan memilih Fakultas/Sekolah

7. Mengunggah hasil scan Akta Kelahiran asli dalam format pdf.

8. Mengunggah Pas Foto berwarna terbaru (bukan foto selfie/foto media sosial), dalam format jpg.

9. Mengunggah hasil scan bukti kelulusan SMA, dengan ketentuan sebagai berikut:

(a) Bagi lulusan tahun 2020 dan 2021, mengunggah hasil scan Ijazah asli, dalam format pdf, maksimum 1 Mb.

(b) Bagi lulusan tahun 2022, mengunggah hasil scan Surat Keterangan Lulus Sementara/Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional yang dilengkapi foto calon peserta (cap sekolah dan/atau tanda tangan kepala sekolah pada SKL harus mengenai foto calon peserta SM-ITB 2022) dalam format pdf, maksimum 1 Mb.

10. Mengunggah Surat Keterangan Bebas Buta Warna (total maupun parsial) dari Dokter Spesialis Mata (Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter Umum/Non Spesialis Mata tidak dapat digunakan), sesuai dengan format yang telah ditentukan (mencantumkan foto calon peserta yang terkena cap Klinik/Rumah Sakit) bagi peminat:

(a) Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH – Program Sains)

(b) Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH – Program Rekayasa)

Sekolah Farmasi (SF)

(c) Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM – Kampus Ganesa)

(d) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD – Kampus Ganesa)

(e) Program Studi Kimia (FMIPA)

(f) Program Studi Teknik Geologi (FITB – Kampus Ganesa)

(g) Program Studi Teknik Kimia (FTI – Kampus Ganesa)

11. Melakukan pelunasan biaya seleksi ke nomor rekening virtual yang tercantum di laman pendaftaran masing-masing calon peserta. Ketentuan mengenai biaya seleksi yang harus dilunasi dapat diperoleh di blok Biaya Pendidikan.

12. Melakukan finalisasi pendaftaran dan pencetakan Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2022.

Pendaftaran peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2021 baru dinyatakan selesai setelah peserta mencetak Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2021.

Setelah finalisasi tersebut dilakukan, peserta tidak dapat melakukan perubahan/perbaikan data untuk alasan apa pun.

(a) Khusus untuk pendaftar ke program studi yang ada di bawah FSRD-G, mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa yang akan diselenggarakan secara online. Jadwal dan informasi lengkap mengenai pelaksanaan dan tata cara Tes Kemampuan Seni Rupa akan disampaikan kemudian di akun masing-masing peserta.

(b) Pendaftaran peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2022 dinyatakan selesai setelah calon peserta melakukan cetak Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2022.

Calon peserta yang belum menyelesaikan pengisian data/pengunggahan dokumen persyaratan hingga akhir masa pendaftaran dan/atau belum melakukan finalisasi pendaftaran/pencetakan Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2022 akan dinyatakan belum menyelesaikan pendaftaran dan tidak akan diikutsertakan dalam proses seleksi.

Biaya Pendaftaran SM ITB 2022

1. Biaya seleksi untuk pendaftar ke Fakultas atau Sekolah selain FSRD sebesar Rp200.000,00 (dua ratus ribu rupiah)

2. Biaya seleksi untuk pendaftar ke FSRD sebesar Rp300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya ini termasuk biaya untuk Tes Keterampilan Seni Rupa.

3. Pelunasan pembayaran biaya seleksi dapat melalui transfer ke nomor rekening virtual yang akan disampaikan di laman pendaftaran.

4. Penerima KIP-K atau surat keterangan tidak mampu akan dibebaskan dari biaya pelaksanaan seleksi mandiri, selama telah mengunggah dokumen KIP-K atau Surat Keterangan Tidak Mampu pada saat pendaftaran.

Biaya Kuliah ITB

Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester untuk mahasiswa yang diterima di SM ITB 2022 untuk semua fakultas adalah sebesar Rp25 juta.

Namun ada perbedaan untuk sekolah bisnis dan manajemen dibandingkan yang lainnya.

Untuk sekolah bisnis dan manajemen, UKT per semester sebesar Rp25 juta, Iuran Pengembangan Institusi minimal Rp 40 juta.

Sementara selain sekolah bisnis dan manajemen, UKT per semester sebesar Rp25 juta, Iuran Pengembangan Institusi minimal Rp25 juta.

Untuk mahasiswa pemegang KIP-K akan mendapat bebas biaya UKT1, sementara UKT di atas terdiri dari UKT5 ITb.

UKT2 : Rp1 juta/semester

UKT3 : Rp12,5 juta/semester

UKT4 : Rp20 juta/semester

Untuk pengajuan UKT yang lebih rendah dari UKT5 dapat dilakukan dengan mengisi formulir yang dapat di akses di laman admission ITB. Disertai pula data pendukung berupa kemampuan ekonomi keluarga.

Ada dua skema pembayaran UKT tersebut dalam proses mencicil. Periode pencicilan bisa dilakukan 2 kali dalam 1 semester dan periode pencicilan 3 kali dalam 1 semester.

Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB melalui SM, akan diwajibkan menyetujui Pernyataan Kemampuan Pembayaran BPP/UKT Selama Studi.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini