Share

10 Kampus dengan Jurusan IT Terbaik di Dunia, Tertarik Masuk yang Mana?

Natalia Bulan, Okezone · Senin 06 Juni 2022 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 06 65 2606602 10-kampus-dengan-jurusan-it-terbaik-di-dunia-tertarik-masuk-yang-mana-ltdj0ERSg3.jpg 10 kampus dengan jurusan IT terbaik di Dunia/Pixabay

JAKARTA - Berikut ini adalah 10 kampus dengan jurusan IT terbaik di dunia.

Ilmu komputer saat ini menjadi bidang dengan peluang karier yang cukup menjanjikan. Tak heran jika setiap tahunnya calon mahasiswa berbondong-bondong memilih jurusan IT.

Ada 10 kampus dengan jurusan IT terbaik di dunia. Di mana saja? Yuk, simak selengkapnya di sini!

1. University of Oxford

Universitas Oxford dikenal sebagai universitas tertua di dunia. Tidak diketahui pasti kapan Universitas Oxford didirikan, namun diperkirakan pengajarannya pertama kali dilaksanakan pada abad ke-11. Ada 22.000 mahasiswa yang menimba ilmu di Oxford, 40% adalah mahasiswa internasional.

Meskipun menjadi universitas tertua, Oxford tidak mengalami ketertinggalan dalam disiplin ilmu yang modern. Oxford University Computing Laboratory atau Departemen Ilmu Komputer Universitas Oxford sudah didirikan sejak tahun 1957.

Di sini mahasiswa akan mempelajari ilmu komputer selama 3-4 tahun. Adapun pembelajaran berkonsentrasi pada teori dan praktik yang mencakup berbagai perangkat keras, lunak, dan aplikasi komputer.

2. University of Stanford

Universitas swasta ini dijuluki “pabrik miliarder” karena banyak alumninya yang menjadi pendiri perusahaan terkemuka berbasis teknologi, seperti Google, Yahoo, Mozilla Firefox, Netflix.

Dengan prestasi yang berhasil dicetak para alumni, tak heran bila Stanford mendapat peringkat kedua sebagai universitas dengan jurusan ilmu komputer terbaik di dunia. Departemen Ilmu Komputer sudah ada sejak 1965 dan berlokasi di Sillicon Valley, berada dalam The Gates Building yang juga menampung Laboratorium Komputer serta 550 falkutas, staf, dan mahasiswa.

Dalam departemen ilmu komputer di Universitas Stanford, mahasiswa akan belajar berbagai bidang komputasi seperti dasar ilmu komputer, kecerdasaan buatan, dan pemrograman.

3. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology (MIT) adalah institusi riset swasta yang berdiri sejak 1861 dan menjadi salah satu universitas teknologi terbaik di dunia yang berhasil menempati posisi pertama versi QS World. Lokasinya berada di Cambrdige, di Distrik Bay Boston berseberangan dengan Sungai Charles.

MIT memiliki 32 departemen yang berkonsentrasi pada bidang sains dan teknologi.

Salah satu departemennya adalah Departemen Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Di MIT, para mahasiswa akan melakukan penelitian pada ranah kecerdasan buatan, sistem komunikasi, arsitektur komputer, komputasi kuantum, bahasa pemograman, dan masih banyak lagi.

4. ETH Zurich

Dalam predikat subjek pelajaran, ETH Zurich menempati posisi ke-4 untuk bidang teknik dan teknologi.

Departemen Ilmu Komputer ETH Zurich yang didirikan pada 1981 didedikasikan untuk melakukan pengembangan dalam komputasi dan teknologi dengan melakukan berbagai proyek penelitian.

5. Carnegie Mellon University

Kampus ini mungkin tidak setara dengan Harvard dan Stanford, namun program Ilmu Komputer dan Sistem Informasinya dianggap sebagai satu di antara yang paling berkelas.

6. University of Cambridge

Kota Cambridge dikenal sebagai salah satu pusat teknologi di Britannia Raya berkat universitas kotanya.

Jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasinya mendapatkan skor 89,8 dari QS.

7. University of California, Berkeley (UCB)

Memiliki kampus yang megah, program Ilmu Komputer dan Sistem Informasi UCB mendapat peringkat 89,4 di QS.

8. National University of Singapore (NUS)

 

NUS adalah universitas tertua di Singapura dengan jumlah muridnya mencapai 35 ribu.

Jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasinya mendapatkan skor keseluruhan 85,9.

9. Princeton University

Kampus ini menjadi bagian dari Ivy League dan biasanya mendapat skor yang bagus dalam peringkat ini.

QS memberikan nilai keseluruhan 85,6 untuk program Ilmu Komputer dan Sistem Informasi mereka.

10. Harvard University

 

Meski tidak memiliki jurusan terbaik dalam bidang Ilmu Komputer dan Sistem Informasi karena sekadar menempati peringkat ke-4, namun universitas ini mendapatkan skor 94,2.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini