Share

Pengertian Pranata Sosial Menurut Para Ahli, Apa Saja?

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Kamis 02 Juni 2022 09:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 02 624 2604047 pengertian-pranata-sosial-menurut-para-ahli-apa-saja-8IC2AfKSsW.jpg Pranata Sosial (Foto:Shutterstock)

JAKARTA - Memahami pengertian pranata sosial merupakan salah satu mata pelajaran di bangku sekolah menengah atas (SMA).

Manusia sebagai makhluk sosial pada dasarnya hidup di dalam suatu lingkungan yang serba berpranata. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pranata memiliki arti sistem tingkah laku sosial yang bersifat resmi seperti adat-istiadat dan norma yang mengatur tingkah laku, dan seluruh perlengkapannya guna memenuhi berbagai kompleks kebutuhan manusia dalam masyarakat.

Dalam ilmu sosiologi dan antropologi, norma atau cara-cara tertentu yang telah disepakati bersama disebut sebagai pranata sosial, atau lembaga sosial, selain itu disebut juga sebagai organisasi sosial atau lembaga kemasyarakatan.

Follow Berita Okezone di Google News

Diketahui dalam kehidupan bermasyarakat, jumlah pranata sosial yang ada sangat beragam dan terus berkembang sesuai dengan dinamika perkembangan masyarakat itu sendiri. Di lingkungan masyarakat, setidaknya terdapat lima pranata sosial pokok, yakni: keluarga, pendidikan, ekonomi, politik, dan agama.

Berikut pengertian pranata sosial dari berbagai ahli yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Horton dan Hunt (1987)

Pranata sosial didefinisikan sebagai lembaga sosial, yaitu sistem norma untuk mencapai tujuan atau kegiatan yang oleh masyarakat dipandang penting.

2. Koentjarningrat (1979)

Pranata sosial didefinisikan sebagai sistem-sistem yang menjadi wahana yang memungkinkan warga masyarakat untuk berinteraksi menurut pola-pola atau sistem tatakelakuan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat.

3. Bruce J. Cohen

Pranata sosial didefinisikan sebagai sistem pola-pola sosial yang tersusun rapi dan relatif bersifat permanen serta mengandung perilaku-perilaku tertentu yang kokoh dan terpadu demi kepuasan dan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan.

4. Mac Iver dan Page

Pranata sosial didefinisikan sebagai tata cara dan prosedur yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antar manusia yang berkelompok dalam suatu kelompok masyarakat.

5. Joseph S. Rucek dan Roland L. Warren

Pranata sosial didefinisikan sebagai pola-pola yang mempunyai kedudukan tetap untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia yang muncul dari kebiasaan-kebiasaan dengan mendapatkan persetujuan dan cara-cara yang sudah tidak dipungkiri lagi untuk memenuhi konsep kesejahteraan masyarakat dan menghasilkan suatu struktur.

6. Alvin L. Bertrand

Pranata sosial didefinisikan sebagai  kumpulan norma sosial(struktur-struktur sosial) yang telah diciptakan untuk melaksanakan fungsi masyarakat.

7. Paul B. Horton dan Chester L. Hunt

Pranata sosial didefinisikan sebagai suatu sistem norma untuk mencapai tujuan atau kegiatan yang oleh masyarakat dianggap penting.

Demikian pengertian pranata sosial menurut para ahli yang perlu diketahui. (RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini