Share

Kedudukan Pasar dalam Kegiatan Ekonomi, Bisa Pengaruhi Harga

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Senin 30 Mei 2022 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 30 624 2602634 kedudukan-pasar-dalam-kegiatan-ekonomi-bisa-pengaruhi-harga-9sElT3uOOh.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Adanya kedudukan pasar dalam kegiatan ekonomi mempunyai peran penting. Pasar kerap kali dianggap sebagai jantung kegiatan perekonomian. Pasalnya, banyak pihak yang menggantungkan kelangsungan hidupnya dengan kehadiran pasar.

Adapun, kedudukan pasar juga bisa mempengaruhi harga yang ditawarkan. Adapun beberapa jenis pasar tradisional maupun modern memiliki harga yang berbeda namun kebanyakan tradisional memilih harga yang jauh lebih murah.

Sebab, biaya sewa dan pajak yang dikeluarkan juga berbeda. Hal ini tentu saja langsung memengaruhi harga pada barang yang dijual. Semakin mahal biaya sewanya, semakin tinggi pula biaya yang dibebankan pada setiap produk. Lagipula, barang yang dijual di pasar tradisional langsung diambil dari sumbernya. Sehingga harganya jauh lebih murah.

Selain itu, kedudukan pasar dalam kegiatan ekonomi yang terdiri dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Pasar biasa digunakan sebagai wadah atau tempat bertemunya dan berkumpulnya para pelaku kegiatan pokok ekonomi, yakni pembeli dan penjual.

Di pasar, konsumen bertindak sebagai pembeli dan produsen atau distributor bertindak sebagai penjual. Sama halnya dengan pelaku ekonomi, pasar sebagai wadah juga memiliki kedudukan dalam kegiatan ekonomi. Dalam kegiatan ekonomi, pasar memiliki kedudukan sebagai jembatan yang menghubungkan antara produsen, konsumen, dan distributor dalam melakukan transaksi jual beli.

Peran pasar dalam kegiatan ekonomi secara umum merupakan wadah atau alat  barang dan jasa kepada konsumen banyak cara yang dilakukan. Di pasar, masyarakat akan datang untuk membeli berbagai macam kebutuhan sehingga terjadi transaksi dan mengakibatkan perputaran uang. Dengan begitu, akan menjadi penggerak ekonomi rakyat.

Berikut fungsi kedudukan pasar dalam kegiatan ekonomi yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Pasar berfungsi sebagai Distributor

Pasar sangat memudahkan proses distribusi baik barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Pasar sebagai sarana distribusi dalam faktor produksi (dari Rumah Tangga Konsumen ke Rumah Tangga Produsen) dan sarana distribusi dalam hasil produksi (dari Rumah Tangga Produsen ke  Rumah Tangga Konsumen).

2. Pasar berfungsi sebagai pembentuk harga

Pasar sebagai wadah kegiatan tawar-menawar dapat menghasilkan kesepakatan harga dan harga pasar akhirnya akan terbentuk.

 3. Pasar berfungsi sebagai sarana promosi

Pasar juga menjadi tempat memperkenalkan dan menginformasikan memanfaatkan dan keunggulan suatu barang atau jasa yang diperjual-belikan. (RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini