Share

Pengertian Pasar Mingguan dan Contohnya, Paling Dicari Emak-Emak

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Senin 30 Mei 2022 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 30 624 2602520

JAKARTA - Memahami pengertian pasar mingguan dan contohnya agar tidak salah saat membeli beberapa bahan kebutuhan pokok. Bagi, emak-emak sangat membutuhkan pasar dalam membeli kebutuhan sehari-hari

Menurut Kamus Besar, Bahasa Indonesia (KBBI), pasar adalah merupakan tempat pertemuan antara permintaan dan penawaran suatu harga barang atau jasa, tempat berjual beli.

Selain memiliki arti secara general, menurut buku studi identifikasi faktor lokasi penunjang dan penghambat Pasar Inpres, 1993 pasar juga memiliki arti secara fungsional.

Diantaranya adalah pasar sebagai tempat, dimana terjadi proses tukar menukar, dan proses tukar menukar ini berlangsung bila sejumlah penjual dan pembeli berkomunikasi satu sama lain, dan akhirnya berkeputusan untuk memindahtangankan barang-barang yang diperjualbelikan itu kepada masyarakat pembeli

Sementara itu, pasar dalam ilmu ekonomi adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi ekonomi. Pasar tidak menunjuk pada lokasi atau tempat tertentu, karena pasar tidak mempunyai batas geografis. Dalam hal ini, pasar merujuk pada semua kegiatan penawaran dan permintaan untuk tenaga kerja, modal, surat berharga, dan uang. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh para ibu-ibu yang bisa menjadi pedagang atapun pria.

Selain itu pengertian pasar mingguan dan contohnya ini bisa diklasifikasikan menurut kegiatan, statusnya, jenis barang yang dijual-belikan, tingkatnya, pelayanan dan cara pengelolaanya. Salah satunya adalah pasar mingguan.

Pasar mingguan termasuk klasifikasi pasar berdasarkan kegiatannya. Pasar mingguan memiliki makna, pasar yang kegiatan perdagangannya membutuhkan waktu sekali atau sehari dalam satu minggu.

Perlu diketahui, pasar mingguan dapat diadakan pada hari-hari tertentu. Seperti dijelaskan sebelumnya, pasar mingguan diadakan pada hari-hari tertentu, uniknya hari-hari diselenggarakannya itulah yang biasa dijadikan sebagai nama dari pasar mingguan tersebut. Adapun contoh dari pasar mingguan antara lain Pasar minggu, Pasar senen dan Pasar rebo.

Pasar mingguan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Bangunan pasar mingguan termasuk bangunan yang temporer dan terkadang digelar di lapangan terbuka.

2. Pasar mingguan hanya melakukan kegiatannya sehari dalam seminggu.

3. Pasar mingguan umumnya memiliki wilayah pelayanan di desa dimana pasar itu berada.

Dalam hal pengertian pasar mingguan dan contohnya yang perlu diketahui pelaku ekonomi pada umumnya.

Serta klasifikasi pasar berdasarkan kegiatannya. (RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini