Share

Daftar SBMTPN 2022 untuk Ilmu Politik di UPN, Camaba Ini Mengaku Ingin Tes Hoki

Bachtiar Rojab, MNC Media · Sabtu 28 Mei 2022 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 28 624 2601728 daftar-sbmtpn-2022-untuk-ilmu-politik-di-upn-camaba-ini-mengaku-ingin-tes-hoki-DvbB0spUbu.jpg Peserta UTBK SBMPTN 2022 Gelombang 2 di UI/Bachtiar R

JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) lokasi Salemba, Jakarta Pusat, tengah menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 gelombang kedua untuk menjaring calon mahasiswa baru (Camaba).

Dalam pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi, sekira pukul 12.00 WIB, Camaba beserta orangtua maupun kerabatnya turut memadati kawasan UI Salemba, Sabtu (28/5/2022).

Mereka terlihat duduk sembari berharap cemas menunggu gilirannya menjalani ujian.

Satu di antaranya adalah Muhammad Farhan Ramadhan. Ia mengaku ingin bisa lolo ke kampus impiannya yaitu Universitas Pembangunan Negeri Veteran Jakarta (UPN) serta Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

"Saya daftar dua jurusan yang pertama di Universitas veteran daftar di ilmu politik, yang kedua kesejahteraan kekeluargaan," ujar Ariel kepada MPI, Sabtu (28/5/2022).

Lebih lanjut, Ariel menuturkan, dirinya memilih masuk Ilmu Politik berdasarkan saran dari teman dan kakak kelasnya.

Menurutnya, kuota penerimaan Ilmu Politik di UPN cukup besar sehingga dapat memberi kesempatan dia untuk lolos.

"Ngambil politik sebenernya taun kemaren sempet ngecek berapa kuota masuknya. Ternyata, lumayan gede, nih. Jadi mencoba buat ngambil ilmu itu, ngetes hoki," ucap Ariel sembari tertawa.

Kendati demikian, Arek menambahkan, sebelumnya Ia tidak tertarik untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Hal itu dikarenakan dirinya ingin langsung turun ke dunia kerja usai lulus Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan perhotelan.

"Nggak pengin kuliah awalnya kan niat pengin kerja tuh, cuma karena orangtua nyaranin kuliah agar dapet pekerjaan yang bagus, tingkatan yang bagus, jadi disaranin untuk kuliah," terangnya.

Meski, kata Ariel, akhirnya Ia luluh juga dan bersemangat untuk memilih kampus impiannya. Hal itu, menurutnya, dikarenakan banyak support dari keluarga termasuk dari kakaknya sendiri.

"Orang tua sih setuju (ambil Ilmu Politik), gapapa dicoba aja, nanti kalau emang rezekinya disitu, tekunin aja. Pasti kamu bisa. Yang bener-bener support itu kakak. Materi, sampai dibeliin laptop baru," tuturnya.

Seperti diketahui, Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK-SBMPTN ) 2022 gelombang II kembali dimulai hari ini, Sabtu, 28 Mei 2022 hingga 3 Juni 2022.

Peserta ujian pun harus mengikuti sejumlah ketentuan yang berlaku saat tiba di Pusat UTBK dan ketika pelaksanaan ujian berlangsung.

UTBK 2022 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022 dari pendidikan menengah ( SMA /MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2020, 2021, dan 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022). Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini