Share

10 Universitas Tertua di Indonesia, Berikut Daftar Lengkapnya

Rina Anggraeni, Sindonews · Rabu 25 Mei 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 65 2600103 10-universitas-tertua-di-indonesia-berikut-daftar-lengkapnya-S3hJKa1HH8.jpg Universitas Tertua di Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sebanyak 10 Universitas tertua di Indonesia yang masih aktif dan berdiri. Beberapa universitas ini berdiri pasca-proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, dan mengalami perubahan nama.

Berikut 10 universitas tertua yang dirangkum oleh Okezone: BACA JUGA:UI dan Coventry University Sepakat Kerja Sama Perluas Riset Kelas Dunia

1. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia disingkat UII adalah perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. UII semula bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan di Yogyakarta pada hari Ahad tanggal 27 Rajab 1364 H bertepatan dengan tanggal 8 Juli 1945 M.

Dengan lokasi kampus yang tersebar di beberapa wilayah, seperti Kampus Terpadu terletak di Jalan Kaliurang KM 14,5 Kabupaten Sleman, dekat daerah wisata Kaliurang dan berjarak 20 KM dari puncak Gunung Merapi. Kampus Fakultas Ekonomi terletak di Jalan Ringroad Utara, Condongcatur, Kabupaten Sleman.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada yang disingkat UGM, merupakan universitas negeri di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Tentang Penggabungan Perguruan Tinggi Menjadi Universiteit tanggal 16 Desember 1949.

Kampus yang terletak di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka.

3. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia disingkat sebagai UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan, sementara kampus utama lainnya terdapat di Salemba, Jakarta Pusat. UI dianggap sebagai salah satu dari tiga perguruan tinggi papan atas di Indonesia.

4. Universitas Airlangga

Berdirinya Universitas Airlangga memiliki sejarah yang cukup panjang. Sebelum Unair resmi didirikan, pada tanggal 9 dan 11 Oktober 1847, disampaikan usul kepada Pemerintah Kolonial Belanda untuk mendidik pemuda-pemuda Jawa yang berbakat menjadi ahli-ahli praktik kesehatan.

Pada tanggal 2 Januari 1849, melalui Keputusan Pemerintah No. 22, didirikan NIAS (Nederlandsch Indische Artsen School), sebagai tempat pendidikan dokter di Surabaya. Sejak tahun 1913, pendidikan dokter di Surabaya berlangsung di Jl. Kedungdoro 38 Surabaya. Pada tahun 1923 gedung NIAS dipindah dari Jl. Kedungdoro ke tempat berdirinya Fakultas Kedokteran Unair di Jl. Mayjen. Prof. Dr. Moestopo Surabaya.

5. Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin, yang kemudian disingkat UNHAS, merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri pada 10 September 1956.

Perguruan tinggi ini semula merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ketika Bung Hatta masih menjadi Wakil Presiden. Kampus Unhas semula dibangun di Baraya atau Kampus Barayya.

6.Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kampus bentukan Belanda ini awalnya bernama Technishe Hooge School (THS) yang saat penjajahan Jepang berubah nama menjadi Bandung Kogyo Daigaku. Akhirnya berubah nama menjadi ITB pada 1959. ITB sendiri menjadi universitas teknik terfavorit di Indonesia,

7. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Perguran tinggi ini juga didirikan oleh Belanda pada 1938. Terdiri dari lima disiplin ilmu, yakni pertanian, kehutanana, dan kedokteran hewan. Sekolah pertanian (Landbouw Hogesschol) ini sempat bernaung pada Universiteit van Indonesia (UI) yang akhirnya berpisah pada 1963. IPB merupakan kampus pelopor fakultas kedokteran hewan.

8. Universitas Nasional (UNAS)

Unas didirikan pada 15 Oktober 1949. Awalnya kampus ini diberi nama Akademi Nasiona. Terdapat 5 fakultas pada Akademi nasional ini, yaitu Sosial, Ekonomi dan Politik, Biologi, Matematika dan Fisika, Sastra Indonesia, dan Sastra Inggris.

9. Universitas Kristen Indonesia (UKI)

Pemuda-pemuda kristen Indonesia tergerak untuk bisa berpartisipasi dalam dunia pendidikan, akhirnya pada 25 Mei 1950 berdirilah Dewan Gereja di Indonesia (DGI). Pada 30 Juni 1953, DGI megerluarkan kebijakan tentang universitas kristen. Akhirnya tokoh-tokoh kristen berkumpul dan mendirikan yayasan Universitas Kristen Indonesia (UKI) pada 18 Juli 1953.

10. Universitas Hassanudin

Universitas yang disingkat menjadi Unhas ini didirikan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada 10 September 1956. (RIN)

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini