Share

Balas Jasa Apa Saja yang Diterima oleh Pemilik Faktor Produksi? Bisa Dapat Upah!

Rina Anggraeni, Sindonews · Rabu 25 Mei 2022 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 624 2600344 balas-jasa-apa-saja-yang-diterima-oleh-pemilik-faktor-produksi-bisa-dapat-upah-vF0QsE6Dfd.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Balas jasa apa saja yang diterima oleh pemilik faktor produksi?Ini adalah jawaban yang selalu ditanyakn. Untuk dapat menggunakan faktor-faktor produksi, perusahaan memberikan balas jasa kepada pelaku ekonomi, yaitu Tenaga kerja mendapat upah (wage), pemilik modal mendapatkan bunga, pemilik tanah memperoleh sewa, sedangkan pemilik keahlian memperoleh keuntungan.

Kemudian, pendapatan yang diperoleh rumah tangga konsumen digunakan untuk konsumsi barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.BACA JUGA:Industri Hulu Migas Prioritaskan Barang dan Jasa Produksi Lokal

Perlu diketahui, pelaku rumah tangga konsumsi kerap kali disebut juga sebagai pemilik faktor produksi. Rumah tangga konsumsi adalah perusahaan-perusahaan yang berperan sebagai produsen yang melakukan kegiatan produksi untuk menghasilkan barang atau jasa.

Sebagai pemilik faktor produksi, rumah tangga konsumsi memiliki beberapa faktor produksi, seperti tanah, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan. Selain itu juga, rumah tangga konsumsi berperan menerima dan mendapatkan penghasilan dari para produsen atau perusahaan yang berupa sewa, upah dan gaji, bunga, dan laba.

Balas jasa yang diterima pemilik faktor produksi ini bisa dilihat dar beberapa pendapatan yang akan diterima rumah tangga konsumsi sebagai pemilik faktor produksi 

Lantas, balas jasa apa saja yang diterima oleh pemilik faktor produksi? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini. 

1. Sewa

Sewa merupakan sebuah persetujuan di mana sebuah pembayaran dilakukan atas penggunaan suatu barang atau properti secara sementara oleh orang lain. Barang yang dapat disewa bermacam-macam, tarif dan lama sewa juga bermacam-macam.

Ini juga salah satu balas jasa yang diterima oleh pemilik faktor produksi lantaran telah berhasil menyewakan tanahnya atau aset lainnya kepada pihak lain. 

2. Upah

Upah merupakan hak pekerja yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja

Ini termasuk balas jasa yang diterima oleh rumah tangga konsumsi lantaran telah memberikan dan mengorbankan tenaganya untuk bekerja di perusahaan sebagai bagian dari kegiatan produksi.

3. Bunga

Ini merupakan balas jasa yang diterima oleh pemilik faktor produksi lantaran telah meminjamkan sejumlah dana sebagai modal usaha suatu perusahaan dalam kegiatan produksi.

4. Laba

Laba merupakan salah satu  balas jasa yang diterima oleh pemilik faktor produksi dari rumah tangga produsen lantaran telah mengorbankan tenaga dan pikirannya untuk mengelola perusahaan sehingga perusahaan mendapatkan laba.

Demikianlah balas jasa apa saja yang diterima oleh pemilik faktor produksi?. Nantinya, balas jasa yang akan diterima oleh rumah tangga konsumsi sebagai pemilik faktor industri dari rumah tangga konsumen atau pihak lain yang perlu diketahui dalam memahami kegiatan produsen ekonomi. (RIN)

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini