Share

Sandiaga Uno Ajak Mahasiswa Berkolaborasi untuk Majukan Pariwsata Indonesia

Arif Budianto, Koran SI · Selasa 24 Mei 2022 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 65 2599346 sandiaga-uno-ajak-mahasiswa-berkolaborasi-untuk-majukan-pariwsata-indonesia-gzAJB9zVWf.jpg Sandiaga Uno ajak mahasiswa kolaborasi kembangkan Pariwisata/Arif Budianto

BANDUNG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak para mahasiswa berkolaborasi mempromosikan pariwisata Indonesia.

Promosi Pariwisata tentu penting terlebih di tengah imbas Covid-19 selama dua tahun belakangan.

"Ini waktunya untuk berkolaborasi. Kadang kita terlalu sibuk untuk berkompetisi dengan negara tetangga, hingga lupa untuk berkolaborasi," kata Sandiaga saat menjadi pembicara pada acara yang digagas oleh Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB secara hybrid.

Menurut dia, Sandi Uno menitikberatkan tentang tiga komponen keberhasilan revitalisasi sektor pariwisata melalui metode yang disebut 3G, yang terdiri dari Gercep, Geber, dan Gaspol.

Gercep adalah kependekan dari Gerak Cepat, yang berarti bahwa pemimpin harus memiliki kemampuan untuk memutuskan solusi yang cukup baik dengan cepat daripada menunda-nunda untuk solusi yang sempurna.

"Geber, kependekan dari Gerak Bersama, menekankan pentingnya bekerja sama dan beradaptasi terhadap keadaan baru. Terakhir, Gaspol mendorong para pemimpin untuk bekerja pada semua faktor potensial untuk sukses," terang Sandiaga di depan 120 mahasiswa MBA.

Menyoroti tentang Medical Tourism, Sandiaga menjelaskan tiga pilar dasar yang diprediksi akan menjadi lifestyle dan mempunyai potensi besar.

Health tourism yakni konsep pembangunan rumah sakit pariwisata pada daerah tujuan wisata seperti di Bali.

Wellness tourism yang mengedepankan kekayaan warisan leluhur untuk kesehatan dan kebugaran seperti jamu herbal, makanan sehat hingga untuk perawatan tubuh.

Medical conferences untuk menambah pengetahuan dan keahlian dari tenaga kesehatan (nakes) seperti dokter dan perawat.

Pada kesempatan itu, Sandiaga juga menantang mereka untuk memberikan komentar sepanjang satu paragraf tentang media sosial Parekraf.

Nantinya, mahasiswa yang terpilih komentarnya akan diajak berkunjung ke salah satu dari 5 destinasi super prioritas yaitu Danau Toba, Borobudur, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo.

"Merupakan kesempatan luar biasa untuk menjadi bagian dari tantangan ini yang diselenggarakan oleh Parekraf yang bertujuan untuk berkolaborasi mempromosikan pariwisata dan menangkap bakat baru," ujar salah satu mahasiswa asing MBA Jakarta, Ram Prabhu Veluru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini