Share

Penyebab Perbedaan Kebutuhan Satu Orang dengan Orang Lain, Simak 6 Faktornya!

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 24 Mei 2022 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 624 2599500 penyebab-perbedaan-kebutuhan-satu-orang-dengan-orang-lain-simak-6-faktornya-smx2551Bfp.jpg Ilustrasi (Foto: Freepik)

JAKARTA - Penyebab perbedaan kebutuhan satu orang dengan orang lain tidak bisa disamakan. Setiap manusia memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda-beda. Tentunya perbedaan itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Kebutuhan manusia merupakan sesuatu hal yang dibutuhkan oleh manusia, atau keinginan manusia yang harus dipenuhi, demi tercapainya kepuasan rohani maupun jasmani untuk keberlangsungan hidupnya. Baik berupa barang ataupun jasa.

Perlu diketahui, setiap manusia memiliki kebutuhannya masing-masing. Orang satu dan orang lain tidak akan sama kebutuhannya. Perbedaan kebutuhan itu dapat terjadi lantaran faktor penyebab.

Berikut  penyebab perbedaan kebutuhan setiap orang yang diulas Okezone:

1. Jenis Kelamin

Perbedaan jenis kelamin dan usia dapat  mempengaruhi perbedaan jenis dan jumlah kebutuhan.  Dalam hal ini terdapat dua jenis kelamin yakni wanita dan pria.  Keduanya  berpengaruh pula pada variasi dan jenis kebutuhan. Pasalnya kebutuhan wanita dan pria berbeda-beda.

2. Tingkat Pendidikan

Kebutuhan seseorang bisa dilihat dari tingkat pendidikan yang dimiliki. Tingkat pendidikan  mempengaruhi perbedaan orang satu dengan yang lain dikarenakan memiliki pengetahuan atau wawasan yang berhubungan dengan latar belakang pendidikan akan berpengaruh pada kebutuhannya.

3. Lingkungan Tempat Tinggal

Lingkungan tempat tinggal juga memberikan pengaruh besar terhadap kebutuhan manusia. Orang yang hidup di daerah pegunungan akan berbeda kebutuhannya dengan orang yang hidup di dataran rendah.

4. Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Di zaman serba canggih ini Anda harus terus mengembangkan diri. Karena di era industri 4.0 ini teknologi berkembang begitu cepat. Seluruh sendi kehidupan kita saat ini sangat dipengaruhi teknologi. Dari bangun tidur sampai hendak tidur, kita tidak bisa lepas dari teknologi. Salah satunya menciptakan penemuan-penemuan baru dan produk-produk baru. Adanya produk baru akan mempengaruhi orang untuk memiliki, sehingga muncul kebutuhan akan produk baru itu.

5.  Status Sosial

Status sosial juga mempengaruhi kebutuhan seseorang. Seperti contoh, seorang presiden membutuhkan mobil anti peluru. Sementara seorang karyawan swasta umumnya hanya membutuhkan mobil yang murah untuk pulang pergi ke kantor.

6. Selera

Perbedaan kebutuhan satu orang dengan orang lain juga bisa dilihat dari Selera. Seperti diketahui, selera pun menyebabkan kebutuhan setiap orang berbeda. Seperti contoh, kebutuhan orang yang menyukai bakso dengan orang yang menyukai mie ayam pastinya berbeda satu sama lain. Orang yang suka bakso, lebih memenuhi keinginannya untuk membeli bakso daripada mie ayam, begitupun sebaliknya. (RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini