Share

10 Alasan Kenapa Harus Kuliah di Unair, Ada Program Beasiswa

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Sabtu 21 Mei 2022 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 21 65 2598005 10-alasan-kenapa-harus-kuliah-di-unair-ada-program-beasiswa-ebK2wWxiSE.jpg Kampus Unair (Foto: Unair)

JAKARTA - Sebanyak 10 alasan kenapa harus kuliah di Unair atau Universitas Airlangga yang ingin berencana untuk kuliah. Apalagi bagi anda yang baru lulus SMA atau SMK.

Universitas Airlangga merupakan salah satu kampus yang berdiri di Jawa Timur. Kampus ini adalah salah satu saingan dari kampus terbaik dan ternama di Indonesia. Sebut saja Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM). Tak heran jika banyak calon mahasiswa mendaftar di kampus ini.

Berikut 10 alasan kenapa harus kuliah di Unair yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Kampus terbaik di Indonesia

 Berdasarkan QS World University Rankings, Universitas Airlangga masuk di dalam 5 top kampus terbaik di Indonesia. Di tahun 2022, Unair berada di peringkat ke 4.

2. Jurusan kedokteran terbaik

Fakultas kedokteran Unair termasuk memiliki program studi pendidikan dokter pertama di tanah Jawa bagian tengah dan timur. Apalagi, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga memiliki program beasiswa pendidikan bagi mahasiswa yang layak memperolehnya dari dana yang berasal dari Dikti, Corporater Social Responsibility perusahaaan, dan Airlangga Medical Full Scholarship dari Program Hibah Kompetisi – Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter, dan lain sebagianya.

3. Lokasi Strategis

Kampus pusat Universiitas Airlangga terletak di kota terbesar kedua di Indonesia, yaitu  Surabaya. Sedangkan kampus lainnya berada di Banyuwangi.

Karena terletak di pusat kota, maka akses dan fasilitas lainnya bisa di dapatkan dengan mudah. Tidak hanya lokasi yang strategis melainkan banyak fasilitas umum yang dekt seperti fasilitas kesehata pusat perbelanjaan maupun pasar tradisional.

4. Program Keagaman

Unair memiliki program keagaman yang bisa diikuti. Salah satunya, kampus ini dibuktikan dengan adanya PBA atau program baca Al Quran bagi mahasiswa muslim. Tak hanya itu, ada juga beasiswa bagi mereka yang bisa menghafalkan kitab suci Al Quran maupun Alkitab.

5. Berkonsep Budaya Ramah

Budaya Jawa yang cenderung ramah sangat kental disini. Seperti budaya salam yang sopan dan santun, serta gotong royong. Hal ini juga terlihat di beberapa staf maupun mahasiswa yang ramah

6. Punya Banguan Bersejarah

Unair  memiliki beberapa bangunan berserjarah . Salah satu yang menarik perhatian adalah kampus A yang terletak di Surabaya. Kampus A yang merupakan fakultas kedokteran ini memiliki bangunan peninggalan Belanda yang masih dijaga hingga saat ini. Konon bangunan ini sudah berdiri sejak 100 tahun yang lalu dan masih kokoh.

7. Fasilitas yang lengkap

Sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, Unair memiliki fasilitas yang lengkap dengan kelas nomor 1. Salah satunya adalah adanya bus kampus, RS gigi dan mulut dan RS UA.

8. Ada Kelas International

Universitas Airlangga memiliki program reguler dan program internasional. Disini anda bisa kuliah di dua tempat, dua tahun di Unair dan dua tahun di luar negeri.

9. Kampus Terbesar

Disebut sebagai kampus induk karena ada beberapa kampus yang lahir dari Unair. Seperti Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, dan Universitas Trunojoyo Madura.

10. Lulusan Alumni yang Beprestasi

Beberapa alumni Unair diketahui menjadi orang penting di Indonesia, antara lain Ignasius Jonan (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral), Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur), Elvira Devinamira (Puteri Indonesia 2014), Soekarwo (Gubernur Jawa Timur) sampai Ari Lasso (musisi).

Demikian informasi mengenai 10  alasan kenapa harus kuliah di Unair. (RIN)

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini