Share

Perangi KBGO di Kalangan Gen Z, Universitas Bakrie Gandeng Forum Anak Kota Bekasi

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 20 Mei 2022 21:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 65 2597700 perangi-kbgo-di-kalangan-gen-z-universitas-bakrie-gandeng-forum-anak-kota-bekasi-tpldG0enEv.jpg Universitas Bakrie (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA โ€“ Komisi Nasional (Komnas) Perempuan mencatat 659 kasus Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) dilaporkan masyarakat pada 2020. Angka tersebut meningkat lebih dari 200 persen dari tahun sebelumnya.ย 

Menurut Association for Progressive Communications (APC), praktik KBGO meliputi tindakan kekerasan yang dilakukan, bersekongkol atau diperparah, sebagian atau seluruhnya dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), seperti ponsel, internet, platform media sosial, dan email. Dalam praktiknya, perempuan dan anak menjadi target utama pelaku KBGO, tidak terkecuali mereka yang masuk dalam usia sekolah, atau Gen Z.

Tidak sedikit korban KBGO mengalami kerugian psikologis, keterasingan sosial, kerugian ekonomi, dan masih banyak lagi.

Melihat fenomena tersebut, Gen Z dapat mengambil peran secara aktif sebagai agen perubahan (agent of change) untuk memutus perilaku KBGO. Untuk itu, Program Studi Ilmu Komunikasi U-Bakrie melalui program CSR KOMUNIKASIH berkolaborasi dengan Forum Anak Kota Bekasi menggelar webinar โ€œPeran Psikologi Sosial dalam Kampanye Sosial Anti KBGO Untuk Melindungi Self Image Gen Zโ€ yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 21 Mei 2022, pukul 09.00-11.00 WIB melalui link zoom.

Selain mendapatkan literasi tentang KBGO, melalui webinar ini para peserta Gen Z akan menyusun kampanye sosial dengan pendampingan dari Prodi Ilmu Komunikasi U-Bakrie dan menjadi agen perubahan untuk menyuarakan anti KBGO melalui platform media sosial sehingga citra diri (self image) Gen Z dapat terlindungi.

BACA JUGA:Universitas Bakrie Gelar Webinar Tips Sukses Hadapi Proses Rekrutmenย 

Hadir sebagai pembicara dosen Prodi Ilmu Komunikasi U-Bakrie yang terdiri dari Dianingtyas Putri, M.Si. (dosen dan pemerhati psikologi komunikasi), Mirana Hanathasia, MMediaPrac. (dosen dan assurer CSR) dan Ananda Fortunisa, SE., M.Si. (dosen dan asesor kompetensi manajemen SDM BNSP).

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini