Share

Mengapa Pertumbuhan Penduduk Menyebabkan Permasalahan Penduduk Dunia?

Zahra Larasati , Okezone · Rabu 18 Mei 2022 08:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 624 2595485 mengapa-pertumbuhan-penduduk-menyebabkan-permasalahan-penduduk-dunia-7U0RvobrIL.jpg Mengapa pertumbuhan penduduk menyebabkan permasalahan penduduk dunia. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Ternyata ada alasan mengapa pertumbuhan penduduk menyebabkan permasalahan penduduk dunia.

Pertumbuhan penduduk terjadi karena pertambahan atau pengurangan jumlah penduduk akibat adanya kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas), dan perpindahan penduduk (migrasi). Setiap negara pasti ada pertumbuhan penduduk setiap tahunnya.

Hasil sensus penduduk Indonesia pada September 2020 mencatat jumlah penduduk sebesar 270,20 juta jiwa dengan laju Pertumbuhan Penduduk per Tahun selama 2010-2020 rata-rata sebesar 1,25 persen.

Pada tahun 2020 lalu, Worldmaters melaporkan bahwa negara dengan penduduk terbanyak di dunia yaitu Tiongkok dengan jumlah penduduk sekitar 1,4 miliar. Diikuti oleh India, Amerika Serikat dan ke-4 Indonesia.

Pertumbuhan penduduk dapat memberi pengaruh terhadap pembangunan dan kesejahteraan penduduk setiap wilayah. Apabila pertumbuhan penduduk terus meningkat sampai wilayah tersebut tidak bisa menampungnya maka dapat mengganggu sistem ketatanegaraan.

Sistem kependudukan akan menjadi tidak optimal apabila pertumbuhan penduduk mengakibatkan kepadatan penduduk dengan proses yang cepat. Selain itu, pertumbuhan penduduk juga dapat mengganggu sistem pendidikan dan fasilitas kesehatan di suatu wilayah.

Maka dari itu, banyaknya dan cepatnya pertumbuhan penduduk dapat memiliki dampak negatif bagi suatu wilayah. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini