Share

Mengapa Hasil Pembangunan Tidak Dapat Meningkatkan Kualitas Penduduk, Ini Biang Keroknya

Rina Anggraeni, Sindonews · Selasa 17 Mei 2022 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 624 2595434 mengapa-hasil-pembangunan-tidak-dapat-meningkatkan-kualitas-penduduk-ini-biang-keroknya-xKJ78mekdc.jpg Mengapa Hasil Pembangunan Tidak Tingkatkan Kualitas (Foto:Okezone)

JAKARTA- Fakta mengapa hasil pembangunan tidak dapat meningkatkan kualitas penduduk ini menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh Pemerintah.

Adapun, kualitas penduduk adalah kondisi penduduk dalam aspek fisik dan nonfisik yang meliputi derajat kesehatan, pendidikan, pekerjaan, produktivitas, tingkat sosial, ketahanan, kemandirian, kecerdasan, sebagai ukuran dasar untuk mengembangkan kemampuan dan menikmati kehidupan sebagai manusia yang bertakwa, berbudaya, berkepribadian, berkebangsaan dan hidup layak.

Saat ini, pembangunan nasional mencakup semua dimensi dan aspek kehidupan termasuk perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang dilaksanakan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Saat ini dalam mewujudkan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan keluarga berkualitas dilakukan upaya pengendalian angka kelahiran dan penurunan angka kematian, pengarahan mobilitas penduduk. Sayangnya, hal itu belum bisa terjadi yang menyebabkan kualitas penduduk masih kecil.

Alasan, mengapa hasil pembangunan tidak dapat meningkatkan kualitas penduduk karena tidak bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga, penyiapan dan pengaturan perkawinan serta kehamilan. Sehingga belum  mampu bersaing dengan bangsa lain dan dapat menikmati hasil pembangunan secara adil dan merata

Selain itu, Bank Pembangunan Asia (ADB) menyarankan agar meningkatkan langkah kebijakan guna memperbaiki kualitas pendidikan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan meningkatkan kualitas penduduk di beberapa negara berkembang termasuk Indonesia.

Lanjut mengapa hasil pembangunan tidak dapat meningkatkan kualitas penduduk yakni pendapatan per kapita yang masih rendah. Pasalnya, pendapatan atau gaji  yang rendah   belum bisa mensejahterahkan diri sendiri maupun keluarga. 



Hitungan pendapatan perkapita juga diperoleh dari besarnya pendapatan nasional secara keseluruhan dibagi dengan jumlah penduduk. Semakin tinggi pendapatan per kapita, maka akan semakin tinggi tingkat kesejahteraan penduduknya. Pendapatan per kapita Indonesia masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain pendidikan masyarakat yang masih rendah, jumlah penduduk terlalu banyak, minimnya lapangan pekerjan, kurangnya tenaga ahli, dan sebagainya.

Untuk itu, keberhasilan dalam mewujudkan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan mengembangkan kualitas  penduduk serta keluarga akan memperbaiki segala aspek dan dimensi pembangunan dan kehidupan masyarakat untuk lebih maju, mandiri, dan dapat berdampingan dengan bangsa lain dan dapat mempercepat terwujudnya pembangunan berkelanjutan. (RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini