Share

7 Tips Penting Melamar Kerja di BUMN, Siapkan CV dengan Baik!

Zahra Larasati , Okezone · Jum'at 13 Mei 2022 08:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 65 2592494 7-tips-penting-melamar-kerja-di-bumn-siapkan-cv-dengan-baik-ScptSOHbPM.jpg 7 tips penting melamar kerja di BUMN. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Paling tidak ada 7 tips penting melamar kerja di BUMN yang harus diikuti. Bekerja di perusahaan BUMN masih menjadi impian anak muda di Indonesia.

Namun, kecilnya presentase yang diterima, BUMN menjadi salah satu perusahaan yang sulit untuk ditembus.

Meski sulit, tidak ada salahnya untuk mencoba, simak tips berikut ini untuk melamar kerja di BUMN:

1. Update informasi

Update terus informasi tentang lowongan kerja BUMN, seperti perusahaan mana saja yang dibuka, kualifikasinya, serta dokumen apa saja yang harus siap sedia.

2. Curriculum Vitae (CV)

Buatlah CV dengan baik, cantumkan informasi diri sejelas dan mudah dipahami. Cantumkan juga pengalaman kerja/ organisasi yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar.

3. Siapkan sertifikat tes bahasa

Keahlian bahasa Inggris juga tetap dibutuhkan untuk melamar di perusahaan. Siapkan sertifikat TOEFL atau IELTS. Kedua jenis tes ini memakan waktu untuk mendapat sertifikatnya, yaitu sekitar 1-2 minggu, jadi sebaiknya kamu mempersiapkannya dari jauh hari.


4. Pelajari BUMN yang dituju

Mencari tau dan mengidentifikasi perusahaan BUMN apa yang kamu minati dan kamu incar berguna agar kamu sebagai pelamar akan siap untuk bekerja di perusahaan tersebut.

5. Siapkan badan untuk tes kesehatan

Hindari rokok, minuman beralkohol, makanan tidak sehat sebelum tes kesehatan. Tes ini juga menjadi penilaian apakah kamu layak menjadi pegawai BUMN atau tidak.

6. Menjadi diri sendiri

Apabila kamu masuk tahap wawancara, jadilah diri kamu sendiri. Tidak perlu menambah-nambah cerita pengalaman kamu, berikan saja jawaban yang jelas dan mudah dimengerti.

7. Cari kesempatan magang

Untuk fresh graduate, disarankan untuk cari pengalaman magang dulu, jika tidak dapat di perusahaan BUMN, kamu dapat mencoba perusahaan lain yang kamu minati. Setidaknya, kamu telah memiliki pengalaman kerja. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini