Share

Tips Lolos UTBK SBMPTN 2022 dari Rektor UGM

M Purwadi, Koran SI · Rabu 11 Mei 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 624 2592325 tips-lolos-utbk-sbmptn-2022-dari-rektor-ugm-fc841khuK9.jpg Rektor UGM Profesor Panut Mulyono/Sindonews

JAKARTA - Rektor UGM Profesor Panut Mulyono memberikan beberapa tips agar calon mahasiswa bisa lolos UTBK-SBMPTN 2022.

Ia mengungkapkan bahwa seleksi SBMPTN yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tingi (LTMPT) adalah seleksi masuk yang mirip dengan pola seleksi lainnya.

"Yaitu untuk menjaring calon-calon mahasiswa terbaik," kata Panut ketika dimintai pendapat mengenai tips lolos SBMPTN 2022 di UGM, Senin (2/5/2022).

Guru Besar Ilmu Energi UGM ini menuturkan, kriteria seleksi mahasiswa yang memakai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah nilai tes yang diterima oleh masing-masing peserta.

Oleh karena seleksinya dengan nilai tes, ujar Rektor, maka persiapan sebaik-baiknya untuk memperoleh nilai tes yang tinggi menjadi keharusan dalam persiapan menuju SBMPTN 2022.

Di sisi lain, ungkapnya, nilai terendah atau cutting score yang ditetapkan di setiap program studi itu berbeda-beda dalam menerima calon mahasiswa baru.

"Maka strategi pemilihan program studi juga sangat menentukan keberhasilan masuk UGM," jelasnya.

Panut berharap, selain persiapan strategi maka calon mahasiswa bisa memilih program studi sesuai dengan minatnya di perguruan tinggi yang dituju dan bukan ikut-ikutan orang lain.

Selain itu, dia mengingatkan agar calon mahasiswa baru bisa memilih program studi andalannya yang disesuaikan dengan kemampuan atau rankingnya di kelas.

"Persaingan nilai di program studi berbeda-beda," terangnya.

Panut menjelaskan, selain SBMPTN, UGM juga mempunyai jalur penelusuran bibit unggul pada jalur seleksi mandiri.

Jalur ini terbuka untuk calon mahasiswa baru UGM yang berprestasi, dari kalangan tidak mampu, berprestasi di olahraga dan seni serta program kemitraan.

"UGM juga mengundang para peraih medali emas olimpiade sains nasional untuk masuk UGM," pungkasnya.

Melansir laman resmi UGM, pada SBMPTN 2021 UGM menerima 2.925 calon mahasiswa baru program sarjana.

Dari 2.925 calon mahasiswa baru UGM yang diterima jalur seleksi SBMPTN ini adalah mereka yang lolos dari sebanyak 61.277 peminat yang ingin masuk UGM.

Sebanyak 2.925 calon mahasiswa UGM yang lolos jalur SBMPTN ini terdiri dari yang diterima melalui jalur Kartu KIP Kuliah 484 dan reguler 2.441 orang.

Jumlah keseluruhan peminat SBMPTN 2021 yang ingin masuk UGM mencapai 61.277 orang.

Program studi dengan jumlah peminat terbanyak untuk Saintek adalah Kedokteran, Farmasi, Teknologi Informasi, Teknik Sipil, dan Gizi Kesehatan.

Sedangkan untuk Soshum meliputi Program studi Psikologi, Hukum, Manajemen, Akuntansi dan Ilmu Komunikasi.

(bul)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini