Share

Simak 8 Bentuk Relief Daratan di Bumi, Ini Daftarnya!

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 26 April 2022 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 624 2585374 simak-8-bentuk-relief-daratan-di-bumi-ini-daftarnya-M4JZrtrtUd.jpg Bentuk Relief Daratan (Foto: Times Of India)

JAKARTA - Berbagai bentuk relief daratan salah satu permukaan bumi yang tidak datar. Adapun, relief daratan didefinisikan sebagai perbedaan tinggi dan rendahnya permukaan bumi yang terjadi di darat.

Permukaan bumi di daratan mengalami tonjolan maupun cekungan, dan daratan yang luas serta membentuk daerah baru, dan melahirkan ekosistem yang lain.Relief muka bumi di daratan adalah relief yang paling tampak dan dapat langsung di lihat.

Untuk itu, proses bentuk relief daratan ini disebabkan oleh adanya tenaga pembentuk muka bumi yakni tenaga endogen dan eksogen. Selain itu, selama tenaga endogen dan eksogen masih membuat gerakan maka relief daratan juga akan terus mengalami perubahan.

Berikut bentuk relief daratan yang ada di bumi yang dirangkum Okezone:

1. Gunung

Gunung biasanya memiliki ketinggian setidaknya 300 meter (1.000 kaki) di atas tanah. Beberapa gunung adalah puncak yang berdiri sendiri, tetapi sebagian besar merupakan bagian dari rangkaian pegunungan. Selain itu, gunung mempunyai puncak dan kaki gunung yang dibatasi oleh lereng di sekelilingnya. Gunung dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu gunung aktif dan gunung tidak aktif.

Gunung aktif disebut juga dengan gunung berapi. Ciri-ciri dari gunung berapi adalah mempunyai magma yang masih aktif dan dapat mengeluarkan magma tersebut ke permukaan bumi.  Sedangkan, gunung tidak aktif adalah jenis gunung yang tidak lagi mengalami peristiwa erupsi sehingga tidak lagi mengeluarkan material yang ada dalam perutnya.

2. Pegunungan

Pegunungan merupakan barisan yang terdapat di dataran tinggi yang saling berhubungan dan tidak terdapat dapur magma.Pegunungan terbentuk akibat adanya gerak orogenetik yang memberikan penekanan secara horizontal dan vertikal.

3. Bukit atau Perbukitan

Bukit adalah daerah di permukaan bumi yang ketinggiannya tidak lebih dari 600 meter di atas permukaan laut. Sedangkan, perbukitan adalah rangkaian dari beberapa bukit yang berjajar di daerah yang luas.

4 Lereng

Lereng merupakan daerah yang posisi permukaan tanahnya miring. Selain itu, lereng berbentuk permukaan bumi/tanah yang memiliki  sudut kemiringan tertentu dengan bidang horisontal.

5. Dataran Tinggi

Dataran tinggi merupakan tanah datar yang luas yang berada di daerah yang tinggi. Ketinggiannya berkisar 200 sampai 1.500 meter di atas permukaan laut. Bekas dari suatu kaldera luas yang tertimbun material gunung, serta akibat dari erosi dan proses sedimentasi menjadi faktor terbentuknya dataran tinggi

6.Dataran Rendah

Dataran rendah yaitu tanah datar yang luas dimana ketinggiannya hanya 0 sampai 200 meter di atas permukaan laut. Dataran rendah disebut juga dataran aluvial yang terjadi akibat adanya proses sedimentasi sungai.

7. Dataran Pantai

Pantai merupakan dataran yang letaknya berada di tepi laut. Ketinggian dataran pantai pada umumnya kurang dari 200 meter dari permukaan air laut.

Dataran pantai juga masih mengalami pengaruh laut secara langsung. Relief ini mempunyai berbagai bentuk bentang alam, diantaranya adalah teluk (laut yang menjorok ke daratan), tanjung, delta dan gosong.

8. Lembah

Salah satu bentuk relief daratan adalah lembah dengan memiliki cekungan. Lembah mempunyai ukuran yang panjang dan dikelilingi oleh perbukitan atau pun pegunungan. Terbentuknya lembah lantaran kerak bumi terkikis, atau terjadi pengikisan oleh air maupun es. (RIN)

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini